Buntut Pelantikan 39 ASN, Walikota Depok Dipanggil Bawaslu

Sebarkan :

 

Komisioner Bawaslu

Depokrayanews.com- Walikota Depok Mohammad Idris dipanggil Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok, pada Rabu 1 Juli 2020, hari ini, gara-gara melantik 39 Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Jumat 26 Juni 2020 lalu.

Bawaslu menilai pelantikan itu dianggap melanggar peraturan pemilu yang melarang kepala daerah melakukan mutasi dan promosi di saat sudah masuki tahapan pemilu.

“Ya benar, Walikota Depok kami panggil terkait pelantikan ASN pada Jumat lalu,” kata Ketua Bawaslu Kota Depok, Lulu Barlini saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 30 Juni 2020.

Pemanggilan walikota itu juga disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono. “Benar, besok pagi Pak Walikota dipanggil Bawaslu terkait pelantikan ASN. Nggak masalah, pelantikan itukan sudah seijin Kemendagri,” kata Sidik.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Supian Suri menegaskan, pelantikan terhadap 39 ASN telah disetujui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Kita tidak berani kalau tidak ada persetujuan dari pemerintah pusat. Dalam hal ini dari Pak Mendagri. Kami tahu aturan kok,” kata dia.

Menurut Supian, pengajuan pelantikan ASN kepada pemerintah pusat dilakukan sejak Februari 2020 setelah disetujui Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar). “Pertimbangan dari sana, kita hanya mengusulkan mengingat masih ada posisi yang kosong. Apalagi saat ini kita menghadapi pandemi Covid-19, demi efektivitas kinerja posisi kosong tersebut harus diisi,” kata dia. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cara Cek Sertifikat Tanah Online Melalui Aplikasi BPN

Depokrayanews.com- Kini, untuk mengecek keaslian sertifikat tanah tidak perlu repot keluar rumah ke kantor notaris ...