by

Buruh KSPI Tidak Ikut Aksi Demo di Istana Hari Ini

Aksi unjuk rasa mahasiswa menolak UU Cipta Kerja

Depokrayanews.com- Kelompok buruh yang berafiliasi dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) tidak akan bergabung dalam aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law Cipta Kerja pada Kamis 8 Oktober 2020 hari ini di Istana.  

“Buruh (KSPI) hanya akan melakukan aksi di lingkungan pabrik masing-masing. Kami tidak ada aksi ke DPR atau Istana,” kata Presiden KSPI Said Iqbal kepada wartawan Rabu 8 Oktober 2020 malam.

Menurut Iqbal, keputusan itu sesuai surat pemberitahuan KSPI sejak awalnbahwa buruh KSPI hanya akan menggelar aksi mogok nasional di lingkungan pabrik setiap wilayah selama tiga hari sejak Selasa 6 Oktober 2020 lalu.

Aksi mogok nasional itu digelar KSPI bersama 32 federasi dan konfederasi untuk mendesak Presiden Joko Widodo mencabut pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Ciptaker yang telah diketok DPR pada Senin 5 Oktober 2020 lalu. 

Seperti diberitakan, sejumlah elemen buruh, mahasiswa, dan organisasi sipil akan menggelar aksi menuntut pencabutan UU Omnibus Law Ciptaker pada Kamis hari ini di Istana.

Aksi tersebut sekaligus menjadi puncak dari rangkaian aksi mogok nasional yang telah dilakukan buruh selama tiga hari sejak Selasa 6 Oktober 2020 lalu di beberapa daerah. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Sunarno memperkirakan, 20 ribu massa gabungan akan berkumpul di dekat Istana menuntut pencabutan UU Ciptaker. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *