by

Camat dan Lurah Depok Dorong Warga Mendaftar JKN-KIS

Camat dan Lurah di Kota Depok mendorong warganya untuk mendaftar program JKN-KIS.
Camat dan Lurah di Kota Depok mendorong warganya untuk mendaftar program JKN-KIS.

DepokRayanews.com- Program JKN-KIS merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk Indonesia.

Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional yang mana program Jaminan Kesehatan merupakan satu dari lima program yang dicanangkan pemerintah sebagai bentuk jaminan sosial yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk.

Jaminan Kesehatan ini selanjutnya dikelola oleh BPJS Kesehatan dengan nama Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Tak terasa JKN-KIS telah memasuki tahun kelima sejak dicanangkan pada tahun 2014. Sesuai visi Pemerintah bahwa pada 1 Januari 2019 seluruh penduduk Indonesia telah terlindungi dalam program JKN-KIS. Faktanya saat ini lebih dari 80 persen penduduk Indonesia telah menjadi program JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Maya Febriyanti Purwandari mengatakan bahwa untuk Kota Depok, program JKN-KIS juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berdasarkan hasil pemadanan data yang telah dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok, lebih dari 1.2 Juta atau sekitar 75 persen penduduk Kota Depok telah terdaftar dalam program JKN-KIS.

Dalam rapat koordinasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Depok yang diselenggarakan di Kantor Walikota Depok, Maya mengungkapkan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Depok telah memiliki data penduduk yang belum memiliki kartu JKN-KIS. Data tersebut cukup lengkap hingga alamat domisili penduduk.

“Data penduduk yang belum terdaftar dalam JKN-KIS ini cukup lengkap hingga mencakup alamat lengkap penduduk. Data ini akan kami serahkan kepada Pemerintah Daerah Kota Depok melalui dinas terkait untuk dapat divalidasi dan didaftarkan menjadi Penerima Bantuan Iuran (PBI)”, ungkap Maya.

Dalam rapat yang dihadiri oleh Asda Kota Depok, Kepala-kepala Dinas, serta seluruh lurah dan camat di Wilayah Kota Depok tersebut, Maya juga mengungkapkan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Depok akan melaksanakan kegiatan BPJS Kesehatan Keliling di setiap kelurahan dalam rangka percepatan Universal Coverage di Kota Depok.

Kegiatan BPJS Kesehatan keliling sebelumnya telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Depok pada tahun 2017 dan terdapat 6.557 kepala keluarga dengan total 13.775 jiwa penduduk yang terdaftar melalui kegiatan ini.

Di hadapan seluruh jajaran OPD Kota Depok, Maya mengungkapkan harapannya atas dukungan Pemda Kota Depok dalam percepatan universal coverage di Kota Depok.

“Saya mengharapkan para camat dan lurah dapat mengedukasi dan mendorong warganya untuk segera mendaftarkan diri dalam program JKN-KIS, serta bagi penduduk yang masuk dalam kategori kurang mampu agar dapat didaftarkan menjadi PBI APBD agar perlindungan kesehatan bagi seluruh penduduk Kota Depok dapat terwujud,” kata Maya. (DT/mr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *