by

Cara Membasmi Cacing di Kamar Mandi

DEPOKRAYANEWS.COM- Anda mungkin kaget mendapati cacing di lantai kamar mandi atau di kloset. Cacing bisa muncul di mana saja, baik itu di dinding, lantai, atau bahkan kloset.

Lantas, bagaimana cara membasmi cacing di kamar mandi?

Mengutip berbagai sumber, cacing tanah, cacing darah, dan cacing bulu kuda adalah jenis cacing yang paling sering terlihat di toilet.

Cacing tidak serta merta muncul di kamar mandi. Ada sejumlah hal yang menjadi penyebab cacing sering muncul di kamar mandi.

Setidaknya ada empat hal utama yang merupakan penyebab cacing sering muncul di kamar mandi.

1. Kondisi air
Penyebab pertama ialah kondisi air yang digunakan pada kamar mandi. Kamar mandi yang menggunakan air ledeng (PDAM) memiliki risiko yang lebih kecil dalam hal mengundang cacing ketimbang air tanah. Hal itu lantaran air ledeng telah diperlakukan sedemikian rupa oleh perusahaan pemasok air untuk menghambat pertumbuhan organisme.

Meski demikian, penggunaan air tanah bukanlah satu-satunya penyebab cacing di kamar mandi. Pun dengan air ledeng. Ia tidak berarti menjamin kamar mandi bebas cacing karena faktor lain juga berperan.

2. Kondisi drainase
Selain kondisi air, faktor saluran pembuangan di rumah juga bisa menjadi penyebab cacing sering berada di kamar mandi. Perlu diketahui bahwa cacing masuk ke kamar mandi tidak hanya melalui saluran air tapi juga saluran pembuangan yang mengalir di luar rumah. Pertama, cacing akan masuk dari saluran pembuangan di luar rumah, baru kemudian secara perlahan masuk ke kamar mandi.

3. Kondisi permukaan kamar mandi
Kondisi permukaan kamar mandi juga bisa menjadi faktor penyebab cacing sering masuk ke kamar mandi. Permukaan kamar mandi yang banyak mengandung tanah bisa menyebabkan cacing mudah muncul. Hal itu karena cacing masih bisa menyusup ke celah-celah di antara ubin jika tidak sepenuhnya dilapisi dengan campuran semen yang padat.

4. Kamar mandi basah
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cacing lebih mungkin muncul di tipe kamar mandi basah daripada kamar mandi kering karena hewan ini lebih menyukai lingkungan yang berair. Lantai kamar mandi yang selalu basah atau tergenang air merupakan lokasi yang baik bagi cacing untuk hidup, bahkan berkembang biak. Selain itu, kualitas bangunan kamar mandi juga menentukan kemampuan cacing untuk menyusup ke kamar mandi.

Menyingkirkan cacing di kamar mandi tidak cukup dengan membuangnya ke saluran pembuangan. Ingatlah bahwa hewan ini bisa kembali ke kamar mandi melalui celah-celah yang tak tertutup.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membasmi cacing di kamar mandi, terutama agar mereka tak kembali lagi.

1. Bersihkan kamar mandi dengan cairan pembersih
Membersihkan dengan asam karbol atau deterjen secara teratur bisa membantu membasmi pertumbuhan cacing di kamar mandi. Jika menggunakan cairan pembersih kimia, tuangkan saja ke sela-sela lantai ubin yang terbuka.

2. Isi ulang atau tutup sela-sela keramik yang terbuka
Terkadang, sela-sela ubin atau lantai bisa terbuka. Hal ini membuat cacing bisa dengan mudah merangkak melaluinya.

Agar cacing tidak bisa masuk, menutup retakan atau sela-sela yang terbuka adalah cara terbaik menghalau cacing masuk ke kamar mandi. (ril/red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *