Cara Membuat Sayur Gabus Pucung Khas Betawi

Sebarkan :

 

Sayur Gabus Pucung

Depokrayanews.com- Gabus Pucung, akhir-akhir ini sering sekali terdengar di telinga kalau setiap kali bicara kuliner. Apa sih resepnya ? Sepintas sayur gabus pucung mirip rawon, tapi isinya ikan gabus.

Dulu, masakan ini hanya bisa dinikmati dalam festival makanan khas Betawi. Warung makan yang menjualnya pun tak banyak. Lolly Unyu, comedian sekaligus vokalis itu belum lama ini buka warung makan Mpok Ati di Ciganjur, salah satu menunya Gabus Pucung. Kemudian di Depok, ada Rumah Makan Gabus Pucung di daerah Grogol, punya Acep Azhari, tokoh Betawi daerah Grogol.

Bagaimana membuat gabus pucung?  Ikan gabus yang sudah dibersihkan, digoreng hingga matang. Kenapa digoreng? Supaya  tidak hancur ketika direbus dengan kuah pucung. Kuahnya dibuat dari pucung dengan bumbu bawang merah, daun bawang yang dipotong kecil, serai, dan cabai hijau.

Menu ini disajikan bersama sepiring nasi. Idealnya memang dihidangkan saat masih panas sehingga, ketika kuah masuk mulut, terasa hangat dan ada rasa menggigit dari serai plus pedasnya cabai. Sedangkan rasa ikan gabus mirip lele, tapi dagingnya lebih tebal dan bertekstur serta tak lembek.

Meski gabus menjadi ciri khas, kekuatan utama menu ini justru pada kuah kentalnya yang asin, gurih, dan pedas. Ikan gabusnya sendiri tak diberi bumbu khusus sehingga memang menyantapnya perlu ditemani kuahnya.

Sayur gabus pucung sebenarnya merupakan salah satu menu wajib dalam pernikahan adat Betawi. Masakan ini juga menjadi bagian penting dalam tradisi nyorog, yakni anak mengantarkan masakan ini kepada orang tua atau mertua menjelang bulan puasa dan Lebaran. (mam)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menu Buka Puasa Hari Ini: Kolak Ubi Bassang Resep Yetty Zr

Depokrayanews.com- Bassang ? Atau dikenal dengan jagung putih Makassar. Sejenis bubur khas Sulawesi Selatan ini, ...