by

Cara Mendaftar Mudik Gratis Kemenhub 2023 yang Dibuka Mulai Siang Ini

DEPOKRAYANEWS.COM- mudik gratis 2023 yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal dibuka mulai siang ini, Senin 13 Maret 2023. Bagaimana cara mendatarnya ?

Melalui unggahan akun Instagram @kemenhub151, Kemenhub menjelaskan pendaftaran program mudik gratis moda bus dibuka mulai 13 Maret hingga 14 April mendatang. Pendaftaran akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi.

“Pendaftaran mudik gratis dapat dilakukan mulai 13 Maret 2023 pukul 14.00 WIB,” tulis unggahan bersama akun Instagram Kemenhub dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, yang dikutip Senin 13 Maret 20023.

Ada 28 kota tujuan mudik gratis Kemenhub tahun ini. Pertama, di Jawa Barat ada Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Kedua, di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.

Ketiga, untuk daerah Jawa Timur ada Tuban, Madiun, Surabaya, Malang, dan Tulungagung. Keempat, tujuan Sumatra ada Lampung dan Palembang.

Syarat daftar mudik gratis Kemenhub 2023

1. Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP/SIM/KK).

2. Peserta hanya bisa memilih 1 kota tujuan mudik.

3. Bila peserta akan mengikuti mudik-balik/PP, maka pendaftaran arus balik dilakukan bersamaan pada saat mendaftar arus mudik (dengan catatan, kota tujuan mudik yang dipilih ada pilihan kota arus balik dan peserta hanya bisa ikut arus balik sesuai dengan kota tujuan arus mudik).

4. Peserta hanya diberikan waktu H+7 setelah tanggal pendaftaran, untuk melakukan registrasi/validasi ulang di posko yang telah ditentukan.

5. Apabila lewat H+7 peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur/hangus (kuota akan otomatis bertambah), dan tidak bisa mendaftar ulang (NIK diblok oleh sistem) agar memberikan kesempatan pada peserta lain yang ingin mendaftar/belum mendapatkan kuota mudik/balik.

6. Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor, wajib membawa kelengkapan surat kendaraan. Dan menyerahkan motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan/H-1 sebelum tanggal seremonial bus.

7. Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik.

8. Peserta wajib datang minimal 1 jam sebelum jam keberangkatan.

Cara daftar mudik gratis Kemenhub 2023

Bagi yang ingin mendaftar mudik gratis Kemenhub 2023, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi MitraDarat di Play Store atau App Store. Setelah itu, ikuti langkah berikut ini:

1. Cara login di aplikasi MitraDarat

Klik tombol ‘Login’

Masukkan alamat email/akun Google

Masukkan nomor telepon (WhatsApp)

Masukkan kode OTP

Jika login berhasil, akan tampil halaman utama aplikasi MitraDarat

2. Cara pesan tiket mudik gratis

Klik Icon ‘Mudik Gratis’ di aplikasi MitraDarat

Pilih titik keberangkatan dan tujuan mudik

Pilih armada mudik sesuai yang diinginkan Isi identitas data penumpang dengan benar

Klik tombol ‘Selesaikan Pemesanan’

3. Cara cek bukti tiket mudik gratis

Klik Icon ‘Mudik Gratis’ di aplikasi MitraDarat

Pilih Icon ‘Tiketku’

Klik tiket yang telah dipesan

Lalu, pilih tombol ‘Lihat Kode QR’

Tampilan Kode QR bukti pemesanan (tunjukkan kode QR ke petugas di posko validasi untuk proses verifikasi tiket). (mad/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *