by

Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

DEPOKRAYANEWS.COM- Coba ukur lingkar perut Anda. Buat wanita, ukuran lingkar perut lebih dari 89 cm berarti mengindikasikan konsentrasi lemak perut yang berlebih.

Tak perlu khawatir, temukan cara mengecilkan perut buncit buat wanita agar jauh dari berbagai risiko kesehatan.

Seperti dikutip dari News Meter, ada beberapa faktor penyebab perut buncit pada wanita. Mulai dari pola makan tinggi kalori, gaya hidup sedenter, asupan protein rendah, menopause, hingga stres.

Perut buncit juga bukan perkara penampilan yang tak lagi sempurna. Lebih dari itu, perut buncit bisa memicu sejumlah risiko kesehatan yang disebabkan oleh lemak visceral.

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, lemak visceral berhubungan dengan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, hipertensi, kadar kolesterol tidak normal, dan masalah pernapasan.

Demi perut rata dan jauh dari risiko kesehatan, berikut cara mengecilkan perut khusus buat wanita.

1. Hindari minuman dengan gula tambahan
Salah satu penyebab perut buncit pada wanita adalah asupan kalori tinggi. Minuman dengan gula tambahan merupakan salah satu penyumbangnya.

Sebut saja minuman seperti minuman bersoda, minuman kopi dengan racikan tertentu, dan minuman kemasan lainnya. Semua minuman ini mengandung gula tinggi yang mampu menumpuk lemak lebih banyak pada area tubuh tertentu, termasuk perut.

Sebaiknya, konsumsi minuman tanpa pemanis tambahan atau lebih selektif memilih minuman kemasan.

2. Banyak minum air putih
Anda tidak perlu minuman dengan racikan tertentu. Justru air putih yang murah dan mudah didapat mampu membantu Anda memperoleh perut rata.

Seperti dikutip dari Insider, studi pada 2008 terhadap wanita dengan kelebihan berat badan menemukan, peningkatan asupan air harian jadi lebih dari satu liter per hari selama 12 bulan mampu menurunkan berat badan hampir dua kilogram.

3. Hindari makanan olahan
Jika ingin mengecilkan perut, sebaiknya hindari makanan olahan. Makanan ini cenderung tinggi gula, garam, dan lemak.

Makanan olahan biasanya tidak memberikan nilai gizi berarti buat tubuh, tetapi mampu menimbulkan mood lebih baik. Akibatnya, Anda tidak pernah cukup dengan mengonsumsi satu atau dua porsi alias selalu ada keinginan untuk makan lagi dan lagi.

4. Olah stres
Tom Irving, ahli gizi dan diet, mengatakan bahwa stres sebenarnya respons tubuh yang membuat seseorang tetap ‘hidup’. Namun, saat dosisnya berlebihan, hormon kortisol tinggi akan menghambat pembakaran lemak.

Ahli diet Catherine Rabess menambahkan, stres membuat tubuh dalam mode ‘fight or flight’ (lawan atau lari) sehingga glukosa terlepas demi bersiap menghadapi situasi sulit.

“Sekali adrenalin habis, kadar glukosa darah menurun, sehingga otak mengirimkan sinyal lapar dan meningkatkan nafsu makan. Ini bisa dalam bentuk ngidam makanan serba manis,” jelas Rabess, seperti dikutip dari Women’s Health Magazine.

Oleh karenanya, penting untuk mengelola stres agar dosisnya sesuai dan tidak berlebihan. Anda perlu menemukan metode terbaik untuk bisa menurunkan tensi, mencoba lebih santai tanpa harus lari ke makanan untuk membuat mood lebih baik.

5. Perhatikan kesehatan usus
Sistem pencernaan memainkan peranan penting dalam mengecilkan perut buncit. Perut buncit bisa saja dipicu oleh ketidakseimbangan bakteri dalam usus.

Peneliti dari Washington University menemukan, orang dengan berat badan berlebih, termasuk kelebihan lemak perut, cenderung memiliki bakteri Firmicutes lebih banyak. Bakteri ini menunjukkan dampak penyerapan lebih banyak kalori dari makanan oleh tubuh.

Bagaimana cara memelihara kesehatan usus? Anda bisa mengonsumsi probiotik yang diperoleh dari yogurt atau pangan hasil fermentasi lain seperti tempe, kombucha, atau kimchi.

6. Padukan latihan kardio dan ketahanan
Maricris Lapaix, trainer pribadi dan pelatih nutrisi, menuturkan bahwa latihan yang menargetkan area tubuh tertentu itu tidak realistis. Latihan perut, misalnya, tidak akan cukup menghilangkan lemak perut.

Alih-alih demikian, dia menyarankan untuk memadukan latihan kardio dan latihan ketahanan untuk mendapatkan manfaat.

“Perpaduan antara latihan ketahanan dan aerobik akan bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tubuh total dan membantu mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan,” jelas Lapaix.

Latihan seperti ini akan meningkatkan massa otot dan pembakaran kalori tubuh.

7. Berjemur
Berjemur rupanya tidak hanya berhubungan dengan sistem imun, tapi juga jadi cara mengecilkan perut buat wanita.

Sebuah temuan yang dipresentasikan di pertemuan tahunan European Society of Endocrinology mengungkapkan, pada wanita, lemak total dan perut dikaitkan dengan kadar vitamin D rendah.

Sebaiknya, mulai agendakan berjemur tiap pagi sebelum pukul 10.00 WIB. Selain itu, tambah asupan vitamin D dari suplemen makanan. (cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed