by

Cegah Arus Mudik, Pemkot Depok Tutup Terminal Jatijajar

Terminal jatijajar Depok

Depokrayanews.com- Pemerintah Kota Depok menutup operasional Terminal Jatijajar yang terletak di Jalan Raya Bogor. Langkah itu diambil sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran CoronaVirus Disease 2019 (Covid-19),

”Jadi, mulai hari ini operasional Terminal Jatijajar Tipe A yang dikelola BPTJ dihentikan, sehingga layanan Bis AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan Bis AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) tidak ada layanan,” kata Walikota Depok Mohammad Idris, Jumat 24 April 2020.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, sesuai arahan pemerintah pusat, pihaknya melakukan pengecekan pergerakan kendaraan dari terminal tersebut.

“Hari ini saya monitor pergerakan kendaraan dan juga terminal, baik Terminal Terpadu atau Terminal Jatijajar. Sebagaimana arahan pemerintah pusat dan peraturan menteri Perhubungan terkait larangan mudik yang di dalamnya ada transportasi darat,” kata Dadang.

Menurut Dadang, PO bus dengan kesadaran sendiri tidak lagi mengoperasikan armada setelah ada keputusan pemerintah pusat. Kondisi ini diperkirakan terjadi sampai 24 Mei mendatang.

“Hari ini tidak ada yang beroperasi terutama AKDP dan AKAP berhentinya bus AKDP, AKAP. Alhamdulillah berdasarkan kesadaran,” kata dia.

Di terminal tersebut setidaknya ada 50 PO bus yang melayani berbagai tujuan. Mulai dari rute AKDP, AKAP Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan Sumatera. Dan hari ini praktis tidak ada pergerakan sama sekali. “Hari ini praktis tidak ada pergerakan sama sekali,” kata Dadang.

Lonjakan penumpang terjadi sekitar 2-3 hari lalu sebelum terminal berhenti beroperasi hari ini. Dimana saat itu terjadi peningkatan jumlah penumpang hampir 100 persen.

“Kalau kita lihat pergerakan data yang ada pada 2-3 hari kemarin. Ada sedikit peningkatan jumlah penumpang dari 80 orang sebelumnya menjadi 140 orang dalam sehari. Mungkin kemarin hari terakhir bagi warga yang akan melaksanakan mudik. Kalau hari ini tidak ada pergerakan sama sekali,” kata Dadang. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed