by

Cegah Hujan di Jakarta, Pesawat TNI AU Tebar Garam 800 Kg di Atas Laut Jakarta

Depokrayanews.com- TNI Angkatan Udara (AU) melakukan modifikasi cuaca agar hujan tidak turun di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, tapi dipindahkan ke wilayah perairan.

“Kami lakukan Teknologi modifikasi cuaca (TMC). Tiga hari ini kami bekerja keras memindahkan hujan. Hujan kemungkinan jatuhnya di Jakarta, kami semai di daerah lautan, sehingga jatuhnya di laut. Pertumbuhan awannya kami modifikasi di tempat yang kami inginkan jatuh hujan,” kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah seperti dilansir detikcom, Selasa 23 Februari 2021.

Menurut Indan, beberapa hari ini tidak turun hujan deras seperti yang terjadi pada Sabtu (20/2) karena dilakukan TMC. Kegiatan modifikasi cuaca ini dilakukan TNI AU bersama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

“Makanya beberapa hari ini, setelah hujan deras hari Sabtu, tidak ada hujan. Bisa dikatakan karena kontribusi ini. Ini kegiatan bersama BPPT, teknologinya di BPPT,” ujar Indan.

Dikatakan, Minggu 21 Februari 2021 pagi, pesawat Casa C-212 milik TNI AU terbang dengan membawa 800 kg garam. Kemudian pada Senin 22 Februari 2021, TNI AU mengerahkan armada pesawat tambahan untuk memodifikasi cuaca, yakni CN-295.

“Kami terbang ke lokasi yang memang ada potensi pertumbuhan awan di sana, supaya turun hujan tidak di daratan, dalam hal ini di DKI Jakarta dan sekitarnya, sehingga hujan di laut,” kata Indan. (mad/detik)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed