by

Cuci Tangan selama 20 Detik Bisa Melindungi Diri dari Virus Corona

Cuci tangan selama 20 detik bisa mencegah Virus Corona.
ngan

DepokRayanews.com- Musim flu dan penyebaran Virus Corona yang begitu cepat di seluruh daratan China, membuat kewaspadaan akan kesehatan perlu ditingkatkan.

Hingga Minggu 2 Februri 2020, korban tewas akibat virus mematikan itu meningkat 45 orang dengan total 304, demikian televisi pemerintah China melaporkan. Sementara total orang yang terinfeksi mencapai 12.000 di seluruh dunia.

Dilansir dari Centers for Disease Control (CDC), salah satu cara terbaik untuk menjaga diri dari penyakit adalah mencuci tangan sesering mungkin dengan teknik yang tepat. Tangan yang bersih dapat mencegah bakteri untuk menyebar ke bagian tubuh atau ke orang lain.

Dalam teknik mencuci tangan yang benar, CDC merekomendasikan untuk basahi tangan dengan air bersih yang mengalir, hangat maupun dingin.

Setelah mematikan keran, oleskan sabun ke tangan Anda dan gosokkan. Pastikan Anda menyabuni antara jari-jari, di bawah kuku dan di punggung tangan.

Ini adalah bagian penting, tetap gosok tangan Anda setidaknya selama 20 detik. Setelah Anda mencuci bersih, bilas tangan dengan air bersih yang mengalir. Ambil handuk bersih atau tisu untuk mengeringkan tangan.

Walaupun CDC merekomendasikan agar sering mencuci tangan, CDC juga memberikan daftar contoh spesifik di mana mencuci tangan mutlak diperlukan.

Ini termasuk, sebelum, selama dan setelah menyiapkan makanan, sebelum atau setelah merawat seseorang yang sakit, setelah menggunakan kamar mandi, setelah menyentuh binatang atau makanan binatang, setelah menutup hidung, batuk atau bersin, setelah menyentuh sampah, sebelum dan sesudah merawat luka dan setelah mengganti popok.

Selain mencuci tangan, dr. Angela Hewlett, direktur medis dari Nebraska Biocontainment Unit, mengatakan juga penting untuk mendapatkan suntikan flu, menutupi hidung serta mulut saat batuk dan tinggal di rumah menghindari pekerjaan atau sekolah jika sedang sakit.

“Itu dapat mencegah penyebaran penyakit apa pun, bukan hanya influenza, dan coronavirus ini akan berada dalam kategori yang sama,” jelasnya seperti dikutip dari People.

Di sisi lain, Hewlett tidak setuju dengan pemakaian masker untuk mencegah flu atau virus corona. Orang Amerika bergegas membeli masker bedah selama sepekan terakhir, dan pengecer besar seperti Amazon kehabisan stok.

“Mengenakan masker saat tidak sakit belum terbukti membantu melindungi dari penyakit semacam ini,” kata dia. (healthnews)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed