by

Daftar 10 Konglomerat Indonesia yang Investasi Rp 20 Triliun di IKN

Depokrayanews.com- Janji sejumlah konglomerat Indonesia di bawah konsorsium Bos Agung Sedaui Sugianto Kusuma (Aguan) untuk berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ternyata menjadi kenyataan.

Tidak tanggung-tanggung sebanyak 10 orang konglomerat itu menyatakan akan investasi sebesar Rp 20 triliun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan terimakasih kepada para konglomerat itu pada acara groundbreaking Hotel Nusantara di IKN, Kamis 21 September 2023.

Siapa saja 10 konglomerat itu ? Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyebut satu per satu nama mereka.

“Pak Aguan (Bos Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma), Pak Franky (Bos Sinarmas Group Franky Wijaya), Pak Prajogo (Bos Barito Pacific Prajogo Pangestu), Pak Eka Tjandranegara (Bos Mulia Group), Pak Pui (Bos Pulauintan Pui Sudarto), Pak Boy Thohir (Bos Adaro), Pak Kuncoro Wibowo (Bos Kawan Lama Group), Pak Djoko Susanto (Bos Alfamart Group), dan yang lain yang tidak bisa saya sebut satu per satu,” kata Jokowi menyapa mereka.

Ada sedikit perbedaan daftar 10 investor lokal yang mengikuti groundbreaking di IKN dengan paparan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono di Badan Anggaran DPR RI pada Senin 18 September 2023 lalu.

Jokowi berterima kasih atas investasi yang dilakukan Aguan Cs di IKN. Menurutnya, kucuran duit dari para miliarder tanah air membuka mata banyak orang bahwa investasi di IKN memang cuan.

Menurut Jokowi kedatangan konsorsium nusantara ke IKN bukan cuma-cuma. Jokowi tahu kalau Aguan Cs juga mengincar keuntungan.

“Tidak mungkin beliau mau mulai dengan Rp20 triliun kalau tidak ada cuan, dipikir beliau-beliau ini lembaga sosial? Bukan. Mereka datang menanamkan modalnya pasti mencari keuntungan sebesar-besarnya. Itu wajar,” jelas Jokowi.

Jokowi mengklaim sejumlah pengusaha asing juga sudah lirik-lirik ke IKN, bahkan menyatakan keseriusannya. Ia merinci ada 30 calon investor dari Korea Selatan, 40 dari Jepang, dan 120 lainnya merupakan konglomerat Singapura.

Berikut 10 investor yang hadir di acara groundbreaking Hotel Nusantara IKN:
1. Agung Sedayu Group
2. Indofood
3. Sinarmas
4. Pulauintan
5. Adaro
6. Barito Pacific
7. Astra
8. Mulia Group
9. Kawan Lama Group
10. Alfamart Group

Sedangkan ini adalah 10 investor paparan IKN di Banggar DPR RI:
1. Agung Sedayu Group
2. Salim Group
3. Sinarmas
4. Pulauintan
5. Djarum
6. Wings Group
7. Adaro
8. Barito Pacific
9. Mulia Group
10. Astra
(mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *