by

Daftar Kandidat Calon Presiden Berdasarkan Hasil Survei Terbaru

Depokrayanews.com- Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah membeberkan hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon-calon Presiden yang akan dipilih pada Pilpres 2024 mendatang. Sejumlah nama baru muncul ke permukaan. Siapa saja ?

Berdasarkan hasil survei IPO, ternyata nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di urutan pertama yang paling banyak dipilih oleh responden dengan elektabilitas sebesar 15,8 persen. Posisi kedua, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 12,6 persen dan selanjutnya Sandiaga Uno bertengger dengan 9,55 persen.

“Bisa kita sebut sebagai masa transisi. Kelompok-kelompok senior semestinya sudah selesai di 2019, termasuk Pak Jokowi dan Pak Prabowo,” kata Dedi dalam sebuah diskusi daring, Sabtu 10 April 2021.

Sementara di posisi keempat, ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas 7,9 persen dan menyusul nama Ketua umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan nilai elektabilitas 7,1 persen. Barulah Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan 5,7 persen di posisi keenam.

Setelah nama Prabowo, terdapat Tito Karnavian dengan elektabilitas 4,5 persen, Ahmad Syaikhu 3,8 persen, dan Ahmad Heryawan 2,3 persen. Selanjutnya, Puan Maharani 1,6 persen, Airlangga Hartanto 1,5 persen, Said Aqil Siradj 0,9 persen, Khofifah Indar Parawansa 0,8 perse , Zulkifli Hasan 0,7 persen, Gatot Nurmantyo 0,5 persen, Ma’ruf Amin 0,5 persen, dan Muhaimin Iskandar 0,2 persen.

Sementara itu nama-nama seperti Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sama-sama memperoleh elektabilitas sebesar nol persen.

Adapun survei IPO ini dilakukan pada 10-22 Maret 2021. Survei melibatkan 1.200 responden yang tersebar di berbagai daerah menggunakan metode multistage random sampling, dengan sampling error 2,50 persen. (and)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *