by

Daftar Makanan Penyebab Asam Urat, Nomor 4 Suka Gagal Paham

DEPOKRAYANEWS.COM- Asam urat adalah jenis penyakit yang menyebabkan rasa nyeri dan mengalami pembengkakan pada persendian. Kondisi ini biasa ditemui di beberapa bagian persendian tubuh seperti, jempol kaki, lutut, pergelangan kaki, kaki, tangan, pergelangan tangan, dan siku.

Kondisi ini disebabkan karena meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh. Standar normal asam urat atau uric acid di urine manusia adalah 250 hingga 750 mg per hari. Jika lebih dari itu, maka bisa jadi terindikasi penyakit asam urat, batu ginjal, dan beberapa penyakit lainnya.

Purin adalah senyawa kimia yang dapat ditemukan di dalam tubuh manusia serta makanan dan minuman. Zat purin yang berada di dalam tubuh biasa disebut dengan purin endogen, sedangkan purin yang berasal dari makanan dan minuman disebut purin eksogen.

Ketika purin endogen dan purin eksogen diproses di dalam tubuh maka akan menjadi sumber asam urat bermula. Jika jumlah zat purin berlebih di dalam tubuh, maka akan terjadi penumpukan kristal asam urat.

Untuk itu, sebaiknya menghindari berbagai jenis minuman dan makanan yang dapat memicu asam urat.

Berikut daftar makanan penyebab asam urat tinggi.

1. Gula
Fruktosa adalah bentuk gula alami yang dapat ditemukan di beberapa makanan, contohnya buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan seperti apel, pir, anggur, kurma, buah persik, dan buah plum. Ketika Anda mengidap penyakit asam urat, sebaiknya hanya mengonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Selain itu, minuman mengandung gula tinggi seperti soda, minuman berenergi, dan minuman isotonik dapat meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat dan hiperurisemia pada orang dewasa. Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari berbagai jenis minuman gula tinggi tersebut.

2. Makanan olahan
Makanan yang menyebabkan asam urat selanjutnya adalah makanan olahan. Makanan olahan dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, obesitas, dan asam urat. Untuk itu, sebaiknya menghindari makanan seperti permen, makanan yang dipanggang, kue kering, keripik, es krim, roti putih, dan berbagai makanan beku. Membatasi diri mengonsumsi makanan olahan, tidak hanya membantu mengurangi risiko terkena asam urat, tetapi juga dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan.
 
3. Daging merah dan jeroan
Daging merah dan jeroan adalah makanan yang mengandung zat purin tinggi. Dengan mengonsumsinya dapat meningkatkan risiko asam urat dan serangan asam urat. Makanan yang mengandung protein memang penting bagi tubuh, tetapi dalam mengurangi risiko asam urat, perlu membatasi protein dari hewani.

Namun jangan khawatir, karena masih bisa mendapatkan protein dengan mengonsumsi protein dari sumber lain, seperti susu rendah lemak, telur, kacang-kacangan, selai kacang, dan tahu.

4. Makanan laut
Makanan yang mengakibatkan asam urat lainnya adalah makanan laut atau seafood. Jenis ikan seperti, ikan tuna, salmon umumnya dianggap sebagai makanan sehat dan bergizi tinggi. Hal ini disebabkan karena ikan-ikan tersebut mengandung omega 3 yang baik bagi jantung. Namun, karena kandungan purin yang tinggi, maka disarankan untuk membatasi mengonsumsi makanan ini jika menderita asam urat.

Berikut daftar makanan tinggi purin dari jenis makanan laut yang sebaiknya dihindari:
Ikan sarden
Ikan teri
Makerel
Ikan haring
Kerang-kerangan
Ikan kod
Ikan trout
Ikan haddock

Ada juga beberapa makanan laut yang membuat asam urat tinggi dan harus dibatasi, yaitu:
Lobster
Kepiting
Udang
Ikan salmon

 
5. Minuman keras
Sebuah studi mengungkapkan bahwa minuman keras jika dikonsumsi akan meningkatkan risiko produksi asam urat, serangan asam urat dan hiperurisemia karena raginya. Karena itu dianjurkan untuk menghindari berbagai jenis minuman tersebut.(ril/KALCare)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed