by

Daftar Pemilih Sementara di Kota Depok 1.230.341 Orang

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna.

Depokrayanews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok menetapkan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada Depok sebanyak 1.230.341 pemilih.

“Hasil DPS tersebut setelah dilakukan rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat Kota Depok pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Depok Tahun 2020 di kantor KPU Depok,” kata Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna, Rabu 16 September 2020.

Nana mengemukakan bahwa tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih ini sudah dimulai dengan kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) selama satu bulan, dari tanggal 15 Juli hingga 23 Agustus 2020.

Dari hasil pemutakhiran atau yang telah dilakukan oleh para petugas dilakukan pleno baik di tingkatan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilanjutkan di tingkatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Baik pleno di tingkat PPS maupun di tingkat PPK, paparnya, bersifat terbuka sehingga diikuti oleh jajaran pengawas baik di tingkat kelurahan dan kecamatan, serta unsur partai politik.

“Alhamdulilah, kita telah melakukan dan melanjutkan tahapan tersebut untuk di tingkat kota,” jelasnya.

Nana sangat berharap kepada masyarakat dan para pemangku kepentingan bisa mengawal kegiatan penyusunan dan pemutakhiran data pemilih ini.

“Kami berharap semua masyarakat yang sudah memenuhi kriteria masuk dalam daftar pemilih pun proaktif. Sebab, kami berharap betul daftar pemilih yang akan kita hasilkan adalah data pemilih yang valid dan akurat,” jelasnya.

Perjalanan tahapan ini, ujarnya, masih panjang, masih banyak sekali tahapan yang akan dihadapi hingga nanti di pertengahan bulan Oktober. “Saat itu, kita akan menetapkan daftar pemilih tetap atau DPT untuk Pilkada Kota Depok 2020,” kata Nana.

Nana sangat berharap kepada masyarakat, kepada partai politik, tim kampanye bakal pasangan calon untuk betul-betul mengikuti, mengawasi, mencermati terhadap kegiatan yang sedang berlangsung.

“Semoga daftar pemilih tetap yang akan kita hasilkan pada pertengahan Oktober betul-betul DPT yang valid dan akurat,” ujarnya. (antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *