Dahlan Iskan Jadi Tersangka dalam Kasus Pengadaan Mobil Listrik

Sebarkan :

 

Depokrayanews.com- Kasus mobil listrik yang sempat heboh 2 tahun lalu, akhirnya menyeret Dahlan Iskan (DI). mantan Meneg BUMN pada era Presiden SBY.

Pemilik koran Jawa Pos Group itu ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Agung, sejak 27 Januari 2017 lalu

Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Arminsyah yang dikonfirmasi, membenarkan DI sudah dijadikan tersangka kasus mobil listrik.

“Teman-teman kan sudah dapat info dari Puspenkum,” kata Arminsyah kepada wartawan, Jumat (3/2/2017)

Tersangka lain dalam kasus ini adalah
Dasep Ahmadi (Direktur PT Sarimas Ahmadi Pratama) dan Agus Suherman (Mantan Kabid Lingkungan Kementerian BUMN).

Bahkan Dasep Ahmadi sudah dinyatakan bersalah sampai tingkat kasasi di Mahlamah Agung (MA) dan divonis selama sembilan tahun atau lebih berat dua tahun dari putusan Pengadilan Tipikor, Jakarta, November 2016 dan denda sebesar Rp200 juta subsider tiga bulan penjara serta membayar uang pengganti Rp17, 1 miliar.

Sedangkan berkas perkara Agus Suherman masih dalam proses peradilan. Dasep dan Agus dijadikan tersangka, sejak 12 Juni 2015 lalu.

Kasus ini berawal dengan pengadaan 16 mobil mini bus listrik untuk pendukung acara Konferensi KTT APEC, 2013, di Nusa Dua, Bali. Dahlan lalu menunjuk Dasep sebagai rekanan dengan pendanaan sebesar Rp32 miliar dari PT PGN, PT Bank BRI dam PT Pertamina.

Dalam praktiknya, mobil listrik berjenis electric microbus dan electric executive bus itu tidak dikerjakan semestinya. Justru, Dasep menggunakan mobil Toyota Alphard yang dimodfikasi dengan mesin listrik dan itu pun tidak layak dan tidak lolos sertifikasi dari Kementerian Perhubungan. (mad/pkn)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

1.300 Alat Peraga Sosialisasi Calon Walikota dan Wakil Walikota Depok Ditertibkan

Depokrayanews.com- Menjelang masa kampanye Pilkada 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Satuan Polisi Pamong Praja ...