by

Dana Pendidikan Kota Depok akan Diaudit BPK Jabar

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin.

DepokRayanews.com- Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin meminta pihak sekolah untuk segera membuat laporan pertanggungjawaban (LPJ) kinerja Tahun 2015-2018.

Hal itu ditegaskan Thamrin karena dalam waktu dekat Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Tingkat Provinsi Jawa Barat, akan mengaudit kinerja dana pendidikan yang berasal dari bantuan pemerintah pusat dan kota.

“Ini merupakan audit lanjutan setelah sebelumnya BPK Jabar melakukan audit tahap pertama pada 13 September 2018,” kata Thamtin di Depok. Kamis (11/10/2018). Audit tahap kedua akan dilanjutkan pada tanggal 17 Oktober 2018.

Menurut Thamrin, keberadaan tim audit adalah untuk melihat sejauh mana penerapan program pemerintah pusat di daerah.

Misalnya realisasi program Indonesia Pintar (IP) di sekolah-sekolah Depok. Kalau di sekolah tersebut ada 20 pelajar, nanti akan diverifikasi data tersebut dan kelayakannya.

Menrut Thamrin, , audit tahap kedua ini terkait pengelolaan dana yang diterima, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan.

Yang akan dicek oleh tim audit adalah seluruh kegiatan yang berkaitan dengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Karena itu, Thamrin meminta agar pihak sekolah betul-betul memeriksa kembaliĀ  berbagai kegiatan yang menggunakan dana bantuan tersebut.

Menurut Thamrin, pihaknya akan mendampingi sekolah terkait pembuatan laporan sebelum diverifikasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *