by

Danis Sumadilaga Jadi Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Baru Negara

Depokrayanews.com- Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menunjuk Danis Sumadilaga sebagai Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Baru Negara (Satgas IKN).

Danis merupakan Direktur Jenderal Cipta Karya periode 2018-2020. Ia merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Membentuk Satgas IKN dengan susunan keanggotaan sebagaimana tercantum dalam lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dengan keputusan menteri ini,” jelas Basuki dalam Diktum Kesatu Keputusan Menteri PUPR Nomor 1419/Kpts/M/2021 tentang Satgas IKN, Selasa 14 Desember 2021.

Menurut aturan itu, Satgas IKN yang dibentuk terdiri atas penanggungjawab, tim pengarah, satgas perencanaan pembangunan infrastruktur IKN, satgas pelaksanaan pembangunan infrastruktur IKN, dan tim sekretariat.

Ketua Satgas IKN akan bertugas melaksanakan arah dari penanggungjawab, melaksanakan arahan teknis dari tim pengarah, menyusun dan atau mengintegrasikan rencana kerja, program dan anggaran, serta kegiatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur ibu kota negara (IKN).

Lalu, melakukan koordinasi, sinkronisasi dan integrasi pelaksanaan pembangunan infrastruktur ibu kota negara dengan kementerian/lembaga/pemerintah provinsi/kabupaten/kota terkait, melaksanakan evaluasi dan kajian pelaksanaan pembangunan.

Selanjutnya, memantau implementasi kriteria dan indikator kinerja pembangunan perkotaan dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur IKN, mengendalikan pelaksanaan pembangunan infrastruktur ibu kota negara pada masing-masing bidang, menyusun dan menyampaikan laporan kemajuan dan hasil pelaksanaan kegiatan.

Adapun, Ketua Satgas IKN membawahi delapan bidang, antara lain pelaksanaan penataan kawasan, pelaksanaan infrastruktur dasar permukiman, pelaksanaan transportasi, pelaksanaan sumber daya air, pelaksanaan perumahan, bangunan gedung, pembiayaan infrastruktur, dan jasa konstruksi.

“Satgas IKN bertugas membantu Menteri PUPR dalam mengkoordinasikan dan mengendalikan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur IKN dengan pendekatan keterpaduan, inovatif, dan tata kelola pemerintahan yang baik,” imbuh Basuki. (antara)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *