by

Depok dan Surakarta Wakili Indonesia di Jejaring Kota Kreatif UNESCO

DEPOKRAYANEWS.COM- Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengusulan Nominasi Anggota Jejaring Kota Kreatif UNESCO 2023 menetapkan Surakarta dan Depok sebagai kota kreatif yang akan mewakili Indonesia di ajang internasional. Surakarta mewakili untuk bidang kerajinan dan seni rakyat, sementara Depok untuk bidang kreatif seni media.

Keputusan itu ditetapkan berdasarkan hasil pengisian formulir aplikasi UNESCO Creative Cities Network (UCCN) dan wawancara terhadap perwakilan enam kabupaten/kota yang menjadi nominasi.

“Selamat untuk Surakarta dan Depok. Selamat menyiapkan diri untuk bergabung memasuki Jejaring Kota Kreatif UNESCO,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno dalam Weekly Brief with Sandi Uno yang diselenggarakan secara virtual, Senin 5 Juni 2023.

Sebelumnya, ada enam kabupaten/kota yang masuk dalam nominasi untuk mewakili Indonesia di Jejaring Kota Kreatif UNESCO. Yakni Surakarta dan Depok, Ponorogo dan Bantul (bidang kerajinan dan seni rakyat), serta Bitung dan Salatiga (kota gastronomi).

Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), Itje Chodidjah mengatakan, kota-kota yang masuk ke dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO berkesempatan memiliki jejaring lebih luas dengan kota-kota sejenis dari berbagai belahan dunia.

Namun, tantangan selanjutnya adalah mengupayakan keuntungan yang lebih besar terhadap masyarakat kota/kabupaten tersebut. “(Sebab) menjadi kota kreatif dunia bukan untuk etalase, tapi untuk kesejahteraan masyarakat di kota tersebut. Untuk menjamin tujuan-tujuan sustainable development terjadi di kota tersebut,” kata Itje.

Menurut Itje, menembus nominasi Jejaring Kota Kreatif UNESCO bukanlah sesuatu yang mudah. “Untuk terpilih enam besar saja repotnya sudah setengah mati. Jadi selamat kepada Ponorogo, Salatiga, Bantul, Bitung, Surakarta, dan Depok. Dalam proses pemilihannya, UNESCO hanya menerima dua kota dengan dua jenis (kategori) berbeda,” katanya. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *