Depok Gelar Rapid Test Drive Thru, 30 Persen Reaktif

Sebarkan :

 

Petugas Medis Mengambil Sampel Darah Pengendara Saat Tes Diagnostik di Terminal Jatijajar. Kota Depok. (antara)

Depokrayanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bekerja sama dengan aplikasi Halodoc dan Rumas Sakit Mitra Keluarga menggelar rapid test drive thru di Terminal Terpadu Jatijajar, Rabu 27 Mei 2020.

Hasilnya, dari jumlah yang diperiksa, 30 persen di antaranya dinyatakan reaktif. Selanjutnya, mereka akan diperiksa dengan metode tes Swab Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Kami akan terus melakukan rapid test Covid-19 secara massal di berbagai titik. Hingga saat ini dari total 5.000 orang yang menjadi sasaran, sebanyak 90 persen telah diperiksa dengan metode tersebut,” ujar Walikota Depok, Mohammad Idris saat meninjau pelaksanaan rapid test drive thru di Terminal Jatijajar, Kota Depok, Rabu 27 Mei 2020.

Dengan penambahan itu, maka total kasus konfirmasi positif di Depok sudah lebih dari 500 orang. ”Tapi, Alhamdulillah, diimbangi dengan yang sembuh juga semakin banyak, ada 51 orang,” kata dia.

Menurut Idris, rapid test sangat membantu dalam mempercepat penyisiran dan pemetaan titik Covid-19. Dengan demikian, dapat memudahkan untuk dilakukan penanganan. “Kami targetkan 13 ribu orang yang akan dilakukan rapid test. Lokasi tesnya tersebar tempat-tempat publik,” kata Idris.

Rapid test drive thru yang dilakukan menggunakan Aplikasi Picodep dan KSC. Berbeda dengan metode selama ini yang menggunakan real time polymerase chain reaction (RT-PCR) yang mengambil usapan lendir dari hidung atau tenggorokan. Rapid test akan dilakukan dengan mengambil sampel darah pasien positif Covid-19.

Proses pemeriksaan ini tidak membutuhkan sarana laboratorium pada bio-security level dua. “Artinya, pemeriksaan bisa digunakan di hampir semua laboratorium kesehatan yang ada di semua rumah sakit di seluruh Indonesia,” kata Idris. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Laki Paruh Baya Cabuli Anak SMP di Sukmajaya Depok

Depokrayanews.com- Aparat Kepolisian Polsek Sukmajaya mengamankan MK, seorang pria paruh baya karena diduga melakukan tindakan ...