by

Depok Tetapkan 20 Benda Cagar Budaya, Ini Daftar Lengkapnya

Depokrayanews.com- Pemerintah Kota Depok aktif melakukan pendataan dan pengkajian Obyek Diduga Cagar Budaya (ODCB). Hingga saat ini sudah ditetapkan ada 20 ODCB di Kota Depok, salah satunya adalah Rumah Tua Cimanggis.

Pemerintah Kota Depok telah membentuk Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dibawah naungan Dinas Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata). Tugasnya adalah melakukan kajian setiap tahun terhadap 9 ODCB. Mereka terdiri dari enam orang dari berbagi macam disiplin ilmu. Pengkajian ODCB tersebut dilakukan secara mandiri dan atas laporan masyarakat.

”Mereka mengindentifikasi ODCB melalui data-data yang ada. Identifikasi dilakukan sesuai dengan keahlian masing-masing TACB,” kata Kepala Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Kepariwisataan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Tatik Wijayanti, Sabtu 18 Desember 2021.

Enam orang anggota TACB itu masing-masing Mushab Abdu Asy Syahid S.Ars. M.Ars (Ahli Arsitektur), Dr. Titik Tiwayuning M.Irsyam (Ahli Sejarah), Ratu Farah Diba SH (Sejarah), Djunaedi Chandra S.pd, M.pd (Pendidikan), Ary Sulistyo (Ahli Arkeolog), dan Agus Suherman, (Ahli Hukum).

Tim ahli melakukan kajian tentang budaya dan sejarahnya. Kemudian segala macam seluk beluk, unsur-unsur, arsitekturnya, aspek hukum dan kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupan manusia. Menurut Tatik, Kota Depok mempunyai ratusan ODCB. Namun, belum tentu semuanya memiliki nilai sejarah.

Sejak dibentuk tahun 2018, TACB sudah mengkaji dan sudah 20 cagar budaya direkomendasikan.Inilah 18 dari 20 cagar budaya itu:

1. Rumah Tua Cimanggis.
2. Rumah Pondok Cina
3. Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein
4. Gereja Immanuel
5. Rumah Sakit Harapan Depok.
6. Rumah Presiden Depok.
7. Rumah Tinggal Pendeta GPIB Immanuel.
8. SDN Pancoran Mas 2
9. Kantor Pos Depok Jalan Kartini.
10. Depo Listrik aliran atas milik PT Kereta Api Indonesia.
11. Rumah Panggung Bojong Sari.
12. Gardu Induk Listrik di Stasiun Depok.
13. Stasiun Citayam.
14. Tiang Telepon di Pancoran Mas.
15. SMU Kasih (Eden Haezer).
16. Pemakaman Kamboja.
17. Jembatan Panus
18. Rumah Tinggal Keluarga Eduard Soedira.
(ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed