Dinas Damkar Depok Perkuat Satlakar di Kelurahan

Sebarkan :

 
Yayan Ardianto Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok.

Yayan Ardianto Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok.

Depokrayanews.com- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemerintah Kota Depok memperkuat barisan Satuan Relawan Kebakaran (Satlakar) di kelurahan-keluarah dan di lingkungan pasar.

“Kita terus melakukan pelatihan untuk anggota Satlakar, supaya mereka paham bagaimana cara menanggulangi kebakaran secara dini sebelum petugas Dakmar datang,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkot Depok, Yayan Arianto. Selasa (18/7/2017).

Menurut Yayan, Satlakar itu sudah terbentuk di 63 kelurahan di Kota Depok dengan anggota masing-masing 15 orang. Kemudian ada lagi Satlakar di 5 pasar yang ada di Depok.

Menurut Yayan, pelatihan tenaga Satlakar itu sangat penting mengingat terbatasnya tenaga Dinas Damkar.

“Personel Dinas Damkar dan Penyelamatan sangat terbatas, untuk itu perlu disiasati dengan melatih dan membuat program Satlakar yang terdiri dari unsur masyarakat, kelurahan, dan pengurus RW di Kota Depok,” kata Yayan.

Satlakar menitikberatkan peran serta masyarakat untuk dapat menangani kebakaran secara dini. Jadi kalau terjadi Kebakaran, Satlakar diharapkan bisa menangani kobaran api terlebih dahulu, sebelum petugas Damkar datang ke lokasi.

“Kami ajak masyarakat untuk berpartisipasi, agar mereka bisa melakukan pemadaman awal pada titik api,” kata Yayan.

Satlakar ini memiliki fungsi dan tugas untuk menangani kebakaran dengan cepat. Selain itu, dapat pula memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pencegahan maupun penanganan kebakaran. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Walikota Depok Ajak Ummat Islam Baca Qunut Nazillah agar Covid-19 segera Hilang

Depokrayanews.com- Walikota Depok Mohammad Idris mengajak ummat Islam membaca Qunut Nazillah di setiap sholat lima ...