Dinkes Depok Berhasil Tangani 95 Persen Penderita Penyakit Menular

Sebarkan :

 
Deklarasi Kader Pengawasan Menelan Obat (PMO) Tuberkulosis (TB) Kecamatan Pancoran Mas, di Kampung Lio, Jum’at

Deklarasi Kader Pengawasan Menelan Obat (PMO) Tuberkulosis (TB) Kecamatan Pancoran Mas, di Kampung Lio, Jum’at

Depokrayanews.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengklaim telah berhasil menyembuhkan 95 persen pasien suspek dan gejala kasus penyakit menular.

“Kami telah melakukan kegiatan pendampingan penemuan penderita penyakit menular Tuberkulosis (TB),” kata Kepala Bidang Kesehatan Lingkungan Dinkes Kota Depok, Rani Martina pada acara Deklarasi Kader Pengawasan Menelan Obat (PMO) Tuberkulosis (TB) Kecamatan Pancoran Mas, di Kampung Lio, Jum’at (2/9/2016).

Pendampingan itu sudah dilakukan sejak Juli 2016. Dari hasil kegiatan itu, terjaring penduduk yang suspek dan gejala terkena kasus penyakit menular, khususnya TB sebanyak 1.178 penderita.

“Dari jumlah itu, 95 persen telah kita tangani dan sisanya masih dalam proses,” kata Rani

Rani mengimbau seluruh masyarakat agar tidak sungkan memeriksakan diri jika sudah dirasa terkena gejala TB.

“Kader yang ada di tengah masyarakat akan membantu mengawasi penderita TB paru dalam meningatkan kepatuhan agar minum obat, sehingga penderita TB paru tersebut akan segera pulih dengan peran aktif dari PMO,” kata dia.

Sementara itu, Kader PMO Kecamatan Pancoran Mas, Sumiati mengaku kesulitan untuk membujuk pasien agar rutin meminum obat, karena jangka waktu yang cukup lama.

“Minum obat harus enam bulan, artinya 114 kali dan rata-rata mereka bosan. Namun, kami tetap melakukan motivasi dan dukungan sampai pasien benar-benar dikatakan sembuh,” kata dia.

Diharapkan, dengan adanya keberadaan PMO maka penderita TB maupun penyakit menular lainnya dapat disembuhkan, sehingga angka kasus penderita penyakit menular di Kota Depok ini pun bisa dikurangi. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

10 Layanan BPJS Kesehatan yang Bisa Melalui Pandawa

Depokrayanews.com- BPJS Kesehatan mencanangkan sebuah inovasi berupa kanal Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa). Ini merupakan ...