by

Dinkes Depok Sediakan Serum Anti Bisa Ular di RSUD dan Puskesmas

Depokrayanews.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menyediakan serum Anti Bisa Ular (ABU) di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok.

“Untuk efisiensi, ABU kami sediakan di Puskesmas 24 jam. Jika ada kasus gigitan ular di malam hari, bisa langsung tertangani,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati, Jumat 22 Oktober 2021.

Menurut Umi, jika seseorang tergigit ular, agar segera dibawa ke fasilitas kesehatan yang ada. Untuk selanjutnya diberikan pengobatan dengan ABU. “Segera bawa ke Puskesmas, RSUD, klinik atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan secara intensif,” kata Umi.

Dikatakan, ada tiga jenis ABU yang tersedia. Yakni kobra Jawa (Naja Sputatrix), ular tanah (Calloselasma Rhodostoma) dan ular weling (Bungarus Candidus). Seluruh ABU tersedia di 11 Puskesmas dan RSUD.

Fasilitas kesehatan lain yang membutuhkan ABU dapat menghubungi Puskesmas terdekat atau RSUD. Karena, ABU hanya disediakan di Puskesmas 24 jam dan RSUD. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *