by

Dirut MRT Mohamd Aprindy Dicopot, Diganti dengan Tuhiyat

DEPOKRAYANEWS.COM- Mohamad Aprindy dicopot dari posisinya sebagai Direktur Utama MRT Jakarta yang baru dia jabat sejak tiga bulan lalu. Aprindy digantikan oleh Tuhiyat yang dinilai berpengalaman di di bidang corporate financing.

Plt Kepala BP BUMD DKI Jakarta Fitria Rahadiani mengatakan, pergantian Dirut MRT Jakarta untuk memperkuat proses koordinasi.

“Koordinasi antara Pemprov DKI Jakarta, Kementerian Perhubungan, Bappenas, dan juga Kementerian Keuangan, serta para stakeholders PT MRT Jakarta (Perseroda) dalam upaya pemenuhan pendanaan tersebut,” kata Fitria
dalam keterangan tertulis, Rabu, 26 Oktober 2022.

Aprindy diketahui baru ditunjuk sebagai Dirut MRT Jakarta pada 22 Juli 2022 lalu. Aprindy menggantikan William Sabandar yang kini masuk sebagai Komisaris MRT Jakarta.

Mohamad Apriandy sebelumn menjadi Dirut MRT pernah menjabat sebagai Direktur Strategi Korporasi dan Human Capital Management PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. Jabatan terakhir Aprindy adalah Direktur Teknik dan Pengembangan PT Jakarta Propertindo, serta Komisaris Utama LRT Jakarta.

Selain mengganti Dirut MRT Jakarta, jajaran Dewan Komisaris PT MRT Jakarta (Perseroda) juga dibongkar dan diganti dengan nama-nama baru. Yakni Dodik Wijanarko diangkat sebagai Komisaris Utama; Bambang Kristiyono sebagai Komisaris; dan William P. Sabandar sebagai Komisaris.

BP BUMD berharap jajaran komisaris dapat memberikan arahan dan masukan kepada Direksi dalam kaitannya dengan proses pembangunan MRT Jakarta Fase 2 dan fase-fase berikutnya.

Penggantian Direktur Utama, Komisaris Utama, dan anggota komisaris disebut telah sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan, melalui Keputusan Para Pemegang Saham di luar RUPS yang ditandatangani pada tanggal 25 Oktober 2022.

PT MRT Jakarta (Perseroda) merupakan BUMD dengan 99,70 persen sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sisanya dimiliki oleh PT Jakarta Propertindo yang juga BUMD DKI.

Fitria mengatakan pembangunan PT MRT Jakarta merupakan hal yang strategis. Oleh karena itu, penyegaran dalam jajaran pengurus PT MRT Jakarta (Perseroda) menjadi hal yang penting.

“Kinerja jajaran Direksi dan Dewan Komisaris PT MRT Jakarta (Perseroda) sejauh ini menunjukkan progress dan capaian yang baik, di antaranya ridership meningkat,” ucapnya.

Ia mengatakan jumlah penumpang sampai dengan triwulan III 2022 dibandingkan dengan total penumpang 2021 mengalami kenaikan 80,9 persen yang bangkit dari dampak pandemi Covid-19). (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *