by

Disdukcapil Depok Gunakan Satu Nomor untuk Semua Layanan Kependudukan

DEPOKRAYANEWS.COM- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok kini hanya menggunakan satu nomor untuk memenuhi semua layanan kependudukan. Sistem Layanan Online Dukcapil Depok (Silondo) bisa diakses pada nomor 0811-90-3276.

“Sebelumnya nomor layanan untuk pelayanan KTP sendiri, akta dan lainnya sendiri. Sekarang kita sederhanakan hanya satu nomor layanan whatsapp. Warga tinggal memilih ingin memohon pelayananya apa,” kata Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widayatti di Depok, Kamis 24 Maret 2022.

Menurut Eni, sapaan Nuraeni Widayatti, nomor utama layanan dokumen kependudukan yang digunakan merupakan kode untuk Kota Depok. Angka 3276 pada layanan Silondo 0811-90-3276 dapat ditemukan pada kode Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga Depok.

“Jadi nomor itu dipilih juga untuk memudahkan, agar warga juga ingat nomor layanan kami,” kata dia.

Disdukcapil Kota Depok juga telah membangun aplikasi Form Silondo Bermula. “Yang dulu kami pakai Google Formulir atau Google Form untuk formulir digitalnya. Sekarang kami punya aplikasi sendiri yang dibangun oleh tim IT-nya Disdukcapil. Sekarang lebih spesifik menu pengisiannya dan beragam menu layanannya,” kata dia.

Untuk memudahkan warga mengisi dan memilih menu layanan kependudukan, ada beberapa pilihan seperti melalui WhatsApp Silondo Bermula, website disdukcapil.go.id dan Depok Single Windows (DSW).

“Silakan untuk mengakses nomor itu. Isi dengan benar dan lengkap. Setelah itu akan dibalas oleh operator mesin sesuai dengan jenis dokumen yang dibutuhkan sesuai standar pelayanan yang sudah kami ditetapkan,” kata Eni. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed