by

Disiapkan Sistem Informasi IDSD untuk Menyajikan Gambaran Kota Depok

Kota Depok mengalami kemacetan parah ketika hujan mengguyur kota itu .

Depokrayanews.com- Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok melakukan pengembangan sistem informasi Infrastruktur Data Spasial Daerah (IDSD) untuk menyajikan gambaran sebaran kondisi, potensi, dan permasalahan di Kota Depok.

Kepala Bappeda Kota Depok, Widyati Riyandani mengatakan, sistem informasi IDSD ini nantinya akan terintegrasi dengan aplikasi non spasial dan lainnya di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) yang sejalan dengan program pembangunan Kota Depok.

“Sistem informasi ini akan terintegrasi dengan data warehouse Pemkot Depok, sehingga data yang disajikan dapat lebih akurat,” ujar Widyati di Depok, Selasa 1 September 2020.

Sistem informasi IDSD membutuhkan beberapa data sekunder dari masing-masing perangkat daerah. Misalnya dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Depok diperlukan nama ruas jalan, kondisi ruas jalan, serta infrastruktur kota.

Dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dibutuhkan data kependudukan dan dari Dinas Pendidikan (Disdik) dibutuhkan data sebaran sekolah, kondisi sekolah, dan jumlah siswa.

Dengan sinergisitas dari setiap perangkat daerah, data spasial yang ada pada sistem informasi IDSD dapat sesuai dengan keadaan di lapangan.

Dia berharap, dengan adanya pengembangan IDSD yang sudah terintegrasi juga dengan data warehouse Pemkot Depok dapat menyajikan data yang reliable untuk digunakan dalam menyusun perencanaan yang lebih baik dan berkualitas sesuai dengan dokumen perencanaan daerah. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *