by

Disperindag Kota Depok Gelar Lomba Inovasi Pasar Rakyat, Sukatani Juara Pertama

DEPOKRAYANEWS.COM- Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok mengumumkan hasil Lomba Inovasi Pasar Rakyat Tahun 2022. Hasilnya, panitia memutuskan 3 pasar rakyat terbaik yakni Pasar Sukatani, Pasar Tugu, dan Pasar Cisalak.

Pasar Sukatani meraih Juara I dengan nilai 83,0, Pasar Tugu Juara II dengan nilai 82,3, dan Pasar Cisalak Juara III dengan nilai 78,5. Penetapan ketiganya berdasarkan hasil keputusan juri melalui Berita Acara Nomor 903/373/VI/SPPR/DISDAGIN/2022 tanggal 2 Juni 2022.

“Ketiga pasar ini adalah Pasar Standar Nasional Indonesia (SNI), dan sinergitas antara Paguyuban Pedagang dan UPTD Pasar juga sudah terjalin dengan baik,” kata Kepala Bidang Sarana dan Pembinaan Pasar Disperdagin Kota Depok, Diana Puspitasari seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Rabu 8 Juni 2022.

Lomba ini diikuti tujuh pasar di Kota Depok yakni Pasar Cisalak, Pasar Sukatani, Pasar Tugu, Pasar Agung, Pasar Kemiri Muka, Pasar Musi, dan Pasar Depok Jaya.

Diana menyebut, pihaknya melakukan penilaian secara profesional dengan melibatkan tim juri dari berbagai Perangkat Daerah. Dalam mekanismenya, penilaian terbagi menjadi dua yaitu bobot administrasi 70 persen dan 30 persen dilihat dari presentasi Paguyuban Pedagang.

Setiap Paguyuban Pasar memaparkan empat aspek yang masuk dalam kategori penilaian. Meliputi aspek administrasi, sinergisitas, digitalisasi, dan inovasi.

Para pemenang mendapatkan hadiah uang tunai, yakni Rp 14 juta untuk Juara I, Rp 10 juta untuk juara II, dan juara III Rp 6 juta.

Diana menambahkan, Lomba Inovasi Pasar Rakyat tingkat kota ini bertujuan untuk memperkuat sinergisitas dan menciptakan inovasi antara UPTD Pasar dengan Paguyubannya. Pasalnya, kedua elemen ini memiliki peran penting dalam memajukan sebuah pasar. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *