by

Dituding Pemerintah Turki, Ini Penjelasan Sekolah Pribadi Depok

Depokrayanews.com- Pihak sekolah Pribadi Depok menolak tudingan Kedutaan Besar Turki yang mengatakan sekolah yang ada di Jalan Margona Raya itu terkait dengan Fethullah Gulen.

“Sekolah Pribadi Depok tidak ada kaitan dengan musuh Presiden Recep Tayip Erdogan itu. Tidak ada nama Gulen dalam struktur dan tidak ada tanda tangan Gulen dalam pembentukan instansi pendidikan ini,” kata juru bicara Yayasan Yenbu Indonesia, pemilik Sekolah Pribadi, Ari Rosandi, Jumat (29/7/2016).

Kepala Sekolah SMP Pribadi Depok, Maman Firmansyah,juga menegaskan tidak ada kaitan sekolah itu dengan Gulen.

Maman mengakui, Yayasan Yenbu Indonesia pernah bekerja sama dengan PASIAD, sebuah yayasan dari Turki. Namun kerja sama itu sudah berakhir per November 2015 lalu.

Menurut dia, Yayasan Yenbu bekerja sama dengan yayasan PASIAD dari Turki karena Indonesia memiliki hubungan budaya dan sejarah yang kental.

Namun sejak 1 November 2015, MoU PASIAD dengan Kemendikbud habis dan tidak ada kerjasama lagi.

Yayasan Yenbu, kata Ari, berdiri sejak tahun 1994. Disusul SMA Pribadi Depok yang beroperasi sejak 1995, SMP Pribadi Depok pada 1999 serta SD Pribadi sejak 2002.

Ketika ditanya tentang tenaga pengajar, Ari mengatakan untuk SD semuanya guru lokal, tidak ada satu pun dari luar negeri. Sedangkan untuk SMP-SMA, ada 30 pengajar, mayoritas guru dalam negeri, hanya seorang guru bahasa Inggris dari Kirgistan serta seorang guru komputer dari Turki.

Sekolah Pribadi Depok merupakan sekolah yang berprestasi. Pelajaran akhlak merupakan pendidikan utama.

Manajemen Sekolah Pribadi Depok menolak tudingan Pemerintah Turki.
Manajemen Sekolah Pribadi Depok menolak tudingan Pemerintah Turki.

Setiap tahun, sekitar 20% siswa di Sekolah Pribadi meraih beasiswa. “Kami keliling ke berbagai daerah di Indonesia untuk mencari siswa berprestasi,” kata Ari.

Sejak 2005, sekitar 30 siswa sekolah Pribadi berpretasu di ajang Olimpiade Sain tingkat nasional dan internasional.

Kini ada 300 siswa yang tengah belajar di Sekolah Pribadi Depok mulai SD sampai SMA. (red/dtk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *