by

Diwarnai Kericuhan, Zulkifli Hasan Terpilih Lagi Jadi Ketum PAN

Suasana Kongres PAN di Kendari.

DepokRayanews.com- Zulkifli Hasan (Zulhas) terpilih kembali sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) hingga tahun 2025 pada Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, yang berakhir pada Selasa 11 Februari 2020.

Zulkifli mendapatkan 331 dari 563 total suara sah, mengungguli lawan terberatnya yakni Mulfachri Harahap yang mendapatkan 225 suara. Calon lainnya yaitu Dradjad Wibowo hanya mampu meraih 6 suara. Adapun tiga suara lain dinyatakan tidak sah.

Pemilihan ini sempat diwarnai kericuhan antara kubu Zulkifli dan Mulfachri. Akibatnya beberapa peserta kongres dari kubu Mulfachri Harahap luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Selain itu, pertikaian tersebut membuat pemilihan Ketum yang awalnya merupakan agenda keenam dimajukan ke agenda pertama. Ketua Panitia Pengarah Kongres V PAN Eddy Soeparno menjelaskan agenda hari Rabu 12 Februari 2020 hanya akan diisi pembahasan di komisi tentang AD/ART serta program kerja partai berlambang matahari tersebut.

“Rapat sempat diskors karena tidak kondusif. Lalu kami memutuskan untuk membuka skors dan langsung mengubah tata tertib dengan mengajukan agenda pemilihan caketum,” kata Eddy.

Satu calon lainnya yakni Asman Abnur mengundurkan diri dengan alasan menjaga kekompakan. Namun ia sempat memberikan sinyal dukungannya kepada Zulkifli, “Teman-teman tahu kedekatan saya dengan bang Zul,” kata Asman.

Pemilihan ini juga tak dihadiri Mulfachri serta Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Zulkifli mengatakan Amien tak bisa muncul di Kendari lantaran ada urusan yang sangat penting. Wakil Ketua MPR itu mengatakan kontestasi Ketum PAN ini tergolong keras, namun ia berharap kejadian ini tak membuat kader terpecah. “Kadang keras tapi kami harap bisa bersatu lagi untuk mencapai mimpi PAN,” kata Zulkifli. (antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *