by

DKP3 Kota Depok akan Kembangkan Ikan Hias Bala Shark yang Kini Makin Punah

DEPOKRAYANEWS.COM- Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok akan mengembangkan budidaya ikan hias jenis Bala Shark yang kini semakin punah di Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok. Tahap awal akan dilakukan penelitian dengan mendatangkan Bala Shark langsung dari habitatnya di Kalimantan.

”Kami bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk mengembangkan ikan hias jenis Bala Shark,” kata Kepala DKP3 Kota Depok, Widyati Riyandani, di Depok, Senin 31 Januari 2022.

Menurut Widyati, Bala Shark dipilih karena keberadaannya yang terancam punah. Selain itu, harga jual Bala Shark mampu bersaing di pasar internasional.

“Neon tetra juga telah menjadi komoditi unggulan Kota Depok. Kami harap Bala Shark juga akan mengikuti jejak neon tetra yang sudah berkembang,” kata Mantan Kepala Bappeda itu.

Kepala UPTD BBI Kota Depok, Nur Hidayat mengatakan, tahap awal akan dilakukan penelitian bisa tidaknya Bala Shark dikembangkan di Kota Depok. Bala Shark akan dikirim langsung dari Kalimantan, sesuai habitatnya.

“Ikan hias Bala Shark sangat menarik dan potensial. Karena saat ini keberadaannya terancam punah. Pembudidayanya juga masih jarang. Mudah-mudahan project pengembangan ikan hias ini bisa berjalan sesuai rencana dan Bala Shark bisa berkembang biak,” kata dia.

Sebagai informasi, ikan Bala Shark atau yang dalam nama latin dinamakan dengan Balantiocheilos melanopterus adalah satu spesies ikan hias. Selain terkenal dengan sebutan Balasak, ikan ini juga dikenal dengan Hiu Perak, Hiu Triwarna, Hiu Bala, dan Hiu Air Tawar.

Ikan ini umumnya memiliki sisik berwarna perak dengan garisan hitam di sepanjang sirip-siripnya dan ekor berwarna kuning gelap. Warna inilah yang mendasari sebutan Triwarna: perak, hitam, dan kuning.

Sesuai dengan namanya juga, ikan ini memiliki tampilan yang serupa dengan ikan hiu walaupun sebenarnya tidak memiliki ikatan gen sama sekali. Sirip lancipnya yang berada di bagian atas dan bawah badan membuatnya terlihat seperti ikan hiu dengan ukuran yang jauh lebih kecil.

Ikan yang normalnya berukuran 5 cm ini saat dewasa bisa mencapai hingga 30 cm. Ukuran ini masih tergolong umum untuk ikan hias di akuarium rumah. Tetapi perlu diingat bahwa mereka memiliki pertumbuhan yang cukup cepat dan membutuhkan tempat tinggal yang tidak membatasi.

Selain itu ikan bala shark juga mudah untuk diberi makan karena memiliki selera makan yang luas dan akan memakan apapun dengan lahap. Ikan ini memiliki sifat yang tidak agresif dan tenang jika ditempatkan bersama ikan spesies lain. Tetapi masih ada kemungkinan untuk memakan ikan yang lebih kecil darinya.

Walaupun begitu, ikan ini aktif dan mudah kaget. Karenanya, akan lebih baik jika ikan ini diberikan wadah yang luas dan tidak membatasi aktivitasnya. Semakin aktif, semakin lama mereka bisa hidup.

Jika ikan bala ini tidak dapat bergerak dengan bebas mereka cenderung mudah untuk tertekan dan mati. Apabila dirawat dengan benar, ikan ini dapat hidup hingga kurang lebih 10 tahun. (ril/red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed