by

DLHK Klaim Kualitas Udara Kota Depok pada Level Sedang

DEPOKRYANEWS.COM- Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Depok Abdul Rahman (Abra) mengatakan kualitas udara di kota setempat masih terbilang sedang berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

“Berdasarkan hasil ISPU, Kota Depok berada pada level sedang. Diharapkan masyarakat dapat bersinergi dalam menjaga kualitas udara,” kata Abdul Rahman di Depok, Kamis 24 Agustus 2023.

Abra, sapaan Abdul Rahman, mengatakan, ISPU Kementerian Lingkungan Hidup merupakan aplikasi untuk mengukur indeks kualitas udara. Alat tersebut ditempatkan di Balai Kota Depok sebagai rujukan mengetahui kualitas udara di daerah itu.

Sementara IQAir Kamis 24 Agustus 2023 pagi merilis rangking kota AQI dari beberapa kota di Indonesia. Dalam laporan itu disebutkan, pada Kamis 24 Agustus 2023 pukul 06.00 WIB Jakarta masuk dalam rangking ke tujuh sebagai kualitas udara yang tidak sehat. Sedangkan Kota Depok pagi ini menjadi kota berpolusi tinggi dengan AQI US 203.

Abra mempertanyakan standar kualitas udara yang dikeluarkan IQAir yang menyebut pulusi udara Kota Depok sangat tinggi. “Hasil kualitas udara yang dikeluarkan IQair ini menurut KLH dan tidak tahu di mana. Ini luar negeri dan alatnya nggak tahu di mana. Untuk Depok, sekarang kualitas udaranya masih sedang,” kata Abra.

Abra mengajak masyarakat Kota Depok untuk melakukan hal yang membuat udara menjadi baik dengan tidak melakukan aktivitas yang mencemari lingkungan.

“Banyak hal dapat dilakukan, antara lain tidak melakukan pembakaran sampah, melakukan penanaman pohon, uji emisi secara berkala dan menggunakan transportasi massal,” kata dia. (ant/ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *