by

Dokter UPN Veteran Lakukan Pendampingan Gaya Hidup Sehat di Posbindu Delima Rivaria Sawangan

DEPOKRAYANEWS.COM- Dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta melakukan program Pendampingan Gaya Hidup Sehat bekerjasama dengan Posbindu Delima, Perumahan Bukit Rivaria, Sawangan, Kota Depok.

Sosialisasi program itu, dilakukan tim dokter dari UPN Veteran kepada peserta pendampingan di halaman Posbindu Delima, Sabtu 16 September 2023. Tim dokter dari UPN Veteran menjelaskan hal teknis tentang pendampingan hidup sehat, setelah pemeriksaan kadar gula darah, dan kolestor peserta.

Kepada peserta dibagikan logbook petunjuk teknis pendampingan selama 4 minggu. Semua peserta wajib mengisi loogbook yang diberikan tim dokter yang diketuai dr. Nugrahayu, SpGK. Dokter Nugrahayu didampingi Nurfitri Bustaman dan Yoshua.

Sementara peserta program pendampingan adalah warga Bukit Rivaria Sektor 2 yang kadar gulanya di atas normal. ”Gula darah harus selalu dikontrol dengan melakukan diet diabetes,” kata Nurfitri Bustaman didampingi Ketua Posyandu dan Posbindu Delima, Lili Yuliarsih.

Pengendalian diabetes itu bisa dilakukan dengan mengatur pola makan, termasuk jenis makan, jumlah dan jadwalnya. Kemudian melakukan aktivitas secara teratur, misalnya berolahraga dengan durasi 30 menit per hari, atau 150 menit per minggu. Kemudian tidur yang cukup yakni 6-8 jam per hari.”Berat badan juga harus dijaga, ideal berat badan dikurangi 110 dari tinggi badan,” kata Nurfitri.

Dikatakan, tips sehat bagi penyandang diabetes adalah dengan membatasi makanan yang mengandung banyak gula sederhana, membatasi makanan yang mengandung banyak lemak dan membatasi makanan yang mengandung banyak natrium.

Selama masa pendampingan, para peserta disarankan memakan nasi merah, membatasi konsumsi gula pasir, gula jawa, kue manis, sirup dan lain sebagainya. Kemudian disarankan membatasi konsumsi minyak, maksimal 2-3 sendok makan per hari. ”Lebih baik mengonsumsi makanan yang dikukus, direbus, dipanggang atay dibakar,” kata dia.

Setelah 4 minggu menjalani pendampingan, para peserta akan ditimbang kembali berat badannya, dicek kembali gula darah dan kolesterolnya. ”Nanti kita lihat hasilnya seperti apa, terutama gula darah dan kolesterol, seberapa besar turunnya.Kalau berat badan, biasanya tidak terlalu signifikan,” kata dia. (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *