by

Dokumen Kependudukan Kini Dicetak Pakai Kertas HVS

Dokumen kependudukan kini dicetak pakai kertas HVS.

Depokrayanews.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok akan menerbitkan dokumen kependudukan dengan menggunakan kertas HVS 80 gram ukuran A4 mulai 1 Juli 2020.

Pemberlakuan kebijakan ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 109 Tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan.

Kepala Seksi Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Depok, Jaka Susanta mengatakan, ada 23 dokumen kependudukan yang dicetak menggunakan kertas HVS, seperti Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan Akta Kematian,

Untuk dokumen kependudukan yang telah dicetak sebelum tangga 1 Juli tidak perlu diganti atau dicetak ulang dengan kertas HVS sebagaimana dimaksud dalam Permendagri, karena masih berlaku. Sedangkan KTP elektronik dan KIA masih menggunakan bahan cetakan yang sama seperti sebelumnya

”Dokumen kependudukan yang dicetak dengan kertas HVS tetap terjamin keamanannya karena dilengkapi dengan barcode yang terkoneksi dengan data kependudukan pemerintah pusat dan berlaku secara nasional,” kata Jaka Susanta di Depok, Jumat 3 Juli 202o. Disdukcapil juga telah memanfaatkan tanda tangan elektronik (TTE). (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *