by

Donald Trump Janji Membela Konstitusi Amerika Serikat

Donald Trump
Presiden AS, Donald Trump. (reuter)

Depokrayanews.com- Presiden Amerika Serikat yang ke-45, Donald Trump, berjanji akan memperkuat lapangan kerja dan pendidikan.

Dia mengatakan bahwa Amerika Serikat membuat negara-negara lain kaya sementara kesejahteraan, kekuatan, dan keyakinan negara mereka menjadi dirisaukan.

“Satu persatu, pabrik kita meninggalkan pantai kita,” tegasnya.

“Mulai hari ini ke depan, akan menjadi Amerika yang pertama, Amerika yang pertama.”

Hal tersebut diungkapkannya dalam pidato setelah diambil sumpahnya sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-45 di Capitol Hill, Washington DC.

“Saya dengan sungguh-sungguh bersumpah bahwa saya akan setia melaksanakan tugas Presiden Amerika Serikat dan dengan sebaik mungkin dari kemampuan saya melestarikan, melindungi, dan membela Konstitusi Amerika Serikat,” sumpahnya sambil mengangkat tangan,

Dia kemudian menyampaikan pidato tanpa membaca naskah.

Didampingi Presiden Barack Obama dan Ibu Negara, Michelle Obama, iring-iringan kenderaan presiden terpilih Amerika Serikat Donald melintasi Pensylvania Avenue.

Sebelumnya juru bicara Donald Trump, mengatakan pidato pelantikannya akan memakan waktu sekitar 20 menit.

Upacara pelantikan dimulai dengan kedatangan Donald Trump bersama istrinya, Melania, ke Gedung Putih untuk minum teh bersama dengan Presiden Barack Obama, dan Ibu Negara, Michelle Obama.

Sebelumnya Trump bersama keluarganya menghadiri kebaktian di Gereja St John’s, yang merupakan tradisi dalam pelantikan Presiden Amerika Seirkat.

Sebagai bagian dari tradisi, Obama juga akan meninggalkan sebuah catatan pribadi untuk penerusnya di kantor presiden, Oval Office.

Di luar Capitol Hill, polisi sempat melepas semprotan merica kepada para pengunjuk rasa yang menentang pelantikan Donald Trump sebagai presiden mereka.

Sekitar 100 pengunjuk rasa mencoba memecahkan jendela beberapa toko sambil mengecam kapitalisme dan Trump.

Namun hingga pelantikan berlangsung, demonstrasi secara umum berlangsung dengan aman, dengan para pengunjuk rasa yang antara lain membawa poster bertuliskan ‘Biarkan Kebebasan Berdering’ maupun ‘Bebaskan Palestina’.

Sementara warga biasa yang sudah mendapatkan karcis untuk menyaksikan pengambilan sumpah Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45, antri dengan tertib di depan Capitol Hill.(bbc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *