by

Donald Trump: Kawan Saya, Presiden Jokowi Meminta Ventilator

Presiden Jokowi

Depokrayanews.com- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden AS Donald Trump sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam penanganan wabah virus corona atau Covid-19.

Kesepakatan itu merupakan salah satu hasil pembicaraan Jokowi dengan Trump melalui sambungan telepon pada Jumat, 24 April 2020 pukul 20.00 WIB dari Istana Kepresidenan Bogor.

Berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers Istana pada Sabtu 25 April 2020, menyebutkan, kedua kepala negara bertukar pikiran mengenai penanganan Covid-19. Salah satunya mengatasi kekurangan alat kesehatan dan alat perlindungan bagi tenaga medis, seperti ventilator, APD dan masker, sebagaimana dialami oleh semua negara.

Mengenai ventilator, Trump menjelaskan negaranya akan memproduksi sendiri dan akan mengirim ke Indonesia apabila sudah siap. Kerjasama ini akan ditindaklanjuti oleh tim masing-masing negara.

Dalam pembicaraan itu, kedua pemimpin negara saling menyampaikan duka citanya kepada masing-masing warga negaranya yang menjadi korban meninggal akibat Covid-19.

Selain itu, Jokowi dan Trump juga sepakat untuk memperkuat kemitraan di bidang perdagangan dan ekonomi setelah masa pemulihan ekonomi pasca COVID-19.

“Indonesia adalah negara penting bagi Amerika Serikat. Kita harus tingkatkan terus kerja sama kedua negara,” ucap Trump.

Sebelumnya, lebih dulu Donald Trump mencuit jika dirinya baru melakukan perbincangan dengan Jokowi. Trump yang menyebut Jokowi sebagai teman meminta bantuan ventilator kepadanya.

Hal itu diungkapkan Trump dalam cuitannnya di akun twitter pribadinya @realDonaldTrump, pada Jumat 24 April 2020. Dalam cuitannya Trump mengatakan pihaknya akan memberikan bantuan tersebut.

“Baru saja berbicara dengan seorang teman, Presiden RI Joko Widodo. Ia meminta ventilator yang tentu akan kami berikan. Kerja sama hebat antara kami,” tulis Trump di akun Twitternya, Jumat 24 April, yang diterbitkan pukul 09.12 waktu setempat. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *