by

DPRD Ajukan 3 Nama Calon Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan

DEPOKRAYANEWS.COM- DPRD DKI Jakarta akan menyerahkan tiga nama calon Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hari ini.

Nama-nama itu merupakan hasil keputusan semua fraksi di DPRD DKI Jakarta. Tiga nama itu ditetapkan melalui rapat paripurna.

“Sudah saya katakan semua ke para pimpinan, besok akan dikirim ke Kemendagri. Bahwa yang terjaring ada tiga nama, Pak Heru, Pak Marullah Matali, dan Pak Bahtiar,” kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di Jakarta, Selasa 13 September 2022.

Ketiga nama yang diajukan DPRD DKI Jakarta itu adalah Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Mattali, dan Dirjen Politik dan Pemerintah Umum (Polpul) Kemendagri Bahtiar. Tiga nama tersebut dari berbeda instansi tapi sama-sama memiliki pengalaman di pemerintahan.

1. Heru Budi Hartono
Heru Budi Hartono pernah menjabat Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (Kabiro KDH dan KLN) Pemprov DKI, sebelum menjadi Kasatpres. Ia juga pernah menjadi Wali Kota Jakarta Utara. Juga sempat dipercaya menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD).

Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta kepincut dengan rekam jejaknya. Mereka memberikan isyarat bahwa sosok Heru Budi Hartono pilihan tepat menjadi Pj Gubernur DKI, dengan menyebutnya sebagai orang yang dekat dengan presiden.

“Hanya satu nama, yang dekat dengan Presiden,” kata Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Wibi Andrino, Senin 12 September 2022 lalu.

2. Marullah Matali
Saat ini Marullah menjabat Sekda DKI Jakarta. Sebelumnya, Marullah Matali menjabat Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Wali Kota Jakarta Selatan tahun 2018-2021. Capaian semasa menjabat, yaitu Penghargaan Masa Kerja 15 Tahun dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta (2011) dan Penghargaan Satyalancana Karya Satya KL. 1 dari Presiden RI (2012).

Marullah Matali menjadi jagoan Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, sebab ia merupakan pejabat eselon I di lingkungan Pemprov DKI. “Setelah dibicarakan adalah Pak Sekda karena yang bersangkutan adalah eselon I di lingkungan pemda,” kata Sekretaris Fraksi PDIP, Dwi Rio, Senin 12 September 2022.

3. Bahtiar
Bahtiar dilantik sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri pada Juli 2020. Sebelumnya mengemban tugas sebagai Direktur Perundang-undangan Ditjen Polpum. Ia juga pernah diberi tugas sebagai Pj Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) pada September 2020, serta pernah menjadi Kapuspen Kemendagri.

Seperti diberitakan, masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI habis pada 16 Oktober 2022. Selain 3 nama dari DPRD DKI, Kemenfagri juga akan mengusulkan tiga nama. Dengan demikian ada 6 nama yang akan disampaikan kepada Presiden untuk kemudian dipilih salah satu. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed