by

Dua Hafidz Indonesia Juara MHQ Tingkat MABIMS di Brunei Darusalam

DEPOKRAYANEWS.COM- Dua penghapal Alquran putra dan putri (hafidz dan hafidzah) asal Indonesia yakni Muhammad Bagus Ma’shum dan Rahmiyatul Khairat meraih juara di ajang Musabaqah Menghafaz Al-Qur’an dan Pemahamannya (MHQ) di Brunei Darussalam yang digelar 5-6 April 2023 lalu.

Dalam ajang tersebut Muhammad Bagus Ma’shum berhasil meraih juara pertama pada cabang hafalan 30 juz putra. Sedangkan Rahmiyatul Khairat berhasil meraih juara ketiga pada cabang hafalan 10 juz putri.

Kegiatan ini diikuti delegasi dari negara yang tergabung dalam MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

“Alhamdulillah bertepatan dengan malam 17 Ramadan, tadi diumumkan bahwa dua hafidz Indonesia dapat mempersembahkan juara dalam ajang MHQ ini,” kata Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri Kemenag Khoirul Huda Basyir yang turut mendampingi para hafidz, di Brunei, seperti dilansir laman kemenag yang dikutip Minggu 9 April 2023.

Menurut Khoirul Huda, capaian itu menjadi bukti bahwa pembinaan hafidz dan hafidzah di Indoesia telah berlangsung dengan baik. “Para penghafal Qur’an Indonesia alhamdulillah dapat bersaing di level internasional. Kita berharap prestasi-prestasi ini dapat menjadi keberkahan juga bagi Indonesia,” kata dia.

Sebelumnya, Muhammad Bagus Ma’shum juga pernah menorehkan prestasi pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional 2022 di Banjarmasin. Ia yang saat itu merupakan delegasi dari Kabupaten Tuban, Jawa Timur, berhasil meraih juara pertama dalam cabang Tafsir Al-Qur’an Putra.

Dalam ajang yang sama, Rahmiyatul Khairat juga berhasil mengukir prestasi. Gadis asal Medan yang tercatat sebagai santri Ma’had Tahfizhil Daarut Taufiq ini berhasil meraih juara kedua cabang Tahfizh 10 Juz Putri. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *