by

Dua Harimau di Taman Ragunan Terpapar Covid-19, Anies: Hari dan Tino Berangsur Pulih

Depokrayanews.com- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dua ekor Harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, terpapar Covid-19 dan kini tengah menjalani isolasi. Kedua harimau itu bernama Hari dan Tino.

“Dua warga DKI, Hari dan Tino terpapar Covid. Tidak ada pilihan. Mereka harus isolasi. Diputuskan untuk isolasi mandiri di tempat tinggalnya. Pasokan makanan dan obat dicukupi selama isolasi dan proses penyembuhan,” kata Anies melalui akun media sosialnya, Minggu 1 Agustus 2021.

“Di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) mereka tinggal. Ya, Hari dan Tino adalah Harimau Sumatera. Mereka didiagnosis positif Covid-19 15 Juli lalu,” kata Anies menjelaskan.

Menurut dia, perawat satwa di Ragunan memperhatikan kedua Harimau tersebut sakit dan bergejala seperti Covid-19, yakni flu, lemas dan sesak napas. Gejala itu telah tampak sekitar tiga minggu lalu.

Pihak TMR, lanjut Anies, langsung memanggil petugas swab. Sampel swab Hari dan Tino kemudian dikirim ke Laboratorium Bioteknologi milik Pusat Studi Satwa Primata, Institut Pertanian Bogor.

“Ternyata hasil tes PCR menunjukkan Hari dan Tino positif Covid-19,” katanya.

Kata Anies, perawatan satwa terkena Covid-19 ini tidak sama dengan manusia. Hari dan Tino, menurutnya, tidak bisa dikirim untuk isolasi ke Wisma Atlet, tapi harus melakukan isoman dan dirawat serta diawasi ketat oleh para dokter hewan terbaik di Ragunan.

“Alhamdulillah, Hari dan Tino kini berangsur pulih dan sudah tampak aktif. Walaupun demikian, karena Jakarta masih berada dalam situasi PPKM Level 4 maka TMR belum bisa dibuka untuk publik. Jadi Hari dan Tino tidak harus buru-buru kembali WFO dan punya waktu untuk menyehatkan diri sepenuhnya,” jelasnya.

“Kita berdoa semoga Allah SWT segera mengangkat cobaan pandemi Covid-19 ini agar kita semua, termasuk Hari dan Tino, bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala, dan mereka kembali bisa menyapa para pengunjung Taman Margasatwa Ragunan,” ujar Anies. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *