by

Eka Hospital Bangun Rumah Sakit di Depok

DEPOKRAYANEWS.COM- PT Pelita Reliance International Hospital akan membangun Rumah Sakit Eka Hospital di Kota Depok, tepatnya di Beji, Kecamatan Beji Kota Depok. Ini akan menjadi jaringan rumah sakit ke lima bagi mereka setelah sebelumnya beropetasi Eka Hospital di BSD Tangerang, Pekanbaru, Cibubur dan Bekasi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok Mangngulung Mansur mengatakan pihak Eka Hospital sudah mengurus izin investasi dan izin pembangunannya. ”Ya, Eka Hospital bagun rumah sakit di Depok,” kata Agung, sapaan Mangngulung Mansur kepada DEPOKRAYANEWS.COM, Kamis 18 Januari 2023.

Hanya saja Agung tidak ingat luas lahan jumlah investasi PT Pelita Reliance International Hospital untuk membangun Rumah Sakit Eka Hospital.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Marry Liziawaty juga membenarkan Eka Hospital membuka jaringan layanan rumah sakit di Kota Depok.

Dengan demikian, jumlah rumah sakit di wilayah Beji cukup banyak. Di sana ada Rumah Sakit Bunda, Rumah Sakit Graha Permata Ibu (GPI) dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI). Secara lokasi, jarak ketiga rumah sakit itu sangat berdekatan dan berada dalam satu kecamatan yakni Kecamatan Beji.

Tidak jauh dari situ, yakni ke arah Kecamatan Sukmajaya ada lagi Rumah Sakit Citra Arafiq dan di Jalan Raya Bogor ada lagi Rumah Sakit Citra Medika. Sebelumnya ada ketentuan minimal radius pembangunan rumah sakit.

PT Pelita Reliance International Hospital merupakan salah satu pilar usaha Sinar Mas. Sebelum membuka jaringan di Depok, Eka Hospital mengoperasikan jaringan rumah sakit keempatnya pada Januari 2021 lalu di kawasan Kota Harapan Indah Bekasi.

Direktur Utama PT Pelita Reliance International Hospital, Dr. Francinita Nati, MM mengatakan total keseluruhan investasi pembangunan Eka Hospital Kota Harapan Indah Bekasi mencapai sekitar 40 juta dolar AS.

Seperti jaringan Eka Hospital lainnya, Eka Hospital Kota Harapan Indah Bekasi mengimplementasikan pelayanan rumah sakit berbasis digital melalui sistem Electronic Medical Record (EMR) terbaru, yakni SAP Healthcare. Sistem ini memberikan pelayanan yang terintegrasi mulai dari front-end hingga back-end dengan sistem central database.

Penerapan EMR tersebut didukung pula dengan Clinical Decision Support System, yaitu sistem yang secara otomatis memberikan opini dan rekomendasi kepada para dokter dan paramedis berdasarkan jurnal kesehatan terkini, yang juga dilengkapi dengan warning system untuk menjaga keamanan dalam pemberian obat. Dengan demikian, pasien akan memperoleh manfaat kesehatan yang lebih besar dari segi keamanan, kecepatan, ketepatan, bahkan efisiensi biaya pengobatan.

Belum dapat keterangan resmi dari pihak Eka Hospital tentang konsep rumah sakit yang akan dikembangkan di Depok. Apakah akan seperti Eka Hospital Kota Harapan Indah Bekasi atau tidak.

Eka Hospital Kota Harapan Indah Bekasi mengusung tiga keunikan layanan. Pertama, konsep One Patient One Room yang berlaku pada semua kelas kamar perawatan, dengan tujuan memberikan kenyamanan dan mengurangi risiko infeksi terhadap pasien.

Kedua, yaitu Full Time Doctors, sehingga dapat lebih fokus melayani pasien dan meningkatkan respons terhadap kasus emergensi. Ketiga, sistem Electronic Medical Record yang terintegrasi secara online, baik antar unit maupun antar rumah sakit, yang dapat memudahkan pasien berobat di jaringan Eka Hospital manapun. (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed