by

Erick Thohir dan Hary Tanoe Dianggap Layak Jadi Ketum PSSI Gantikan Iwan Bule

DEPOKRAYANEWS.COM- Erick Thohir dan Hary Tanoesoedibjo merupakan figur-figur yang dianggap layak menjadi Ketua Umum PSSI pengganti Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Founder Football Institute Budi Setiawan mengatakan, Menteri BUMN RI Erick Thohir ada di daftar teratas kandidat terkuat pemimpin PSSI. Menurutnya, Erick sudah memiliki pengalaman panjang di sepak bola sebagai petinggi klub.

“Pertama ET [Erick Thohir], walaupun tidak secara langsung pernah beraktivitas di PSSI, tapi siapa yang tak kenal dia. ET membangun brand Indonesia melalui klub Inter Milan,” kata Budi kepada wartawan di Jakarta, Senin 31 Oktober 2022.

Dikatakan, sepak terjang Erick di olahraga sudah menyentuh level dunia. Erick pernah jadi pejabat di Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan memimpin klub Liga Inggris Oxford United.

“Bersama dengan Anindya Bakrie, dia membeli Oxford United di Inggris. Dia jadi duta Indonesia yang mempopulerkan di luar negeri Apalagi ada di dewan IOC, kenal langsung dengan Prediden FIFA. Ini yang menurut saya modal besar untuk ET maju sebagai ketum. Karena siapapun ketuanya, mau tak mau harus kenal dengan presiden FIFA, langsung tanpa perantara,” kata dia.

Demikian juga dengan Hary Tanoesoedibjo. Menurut Budi, peran Hary di tampuk kepemimpinan Federasi Futsal Indonesia (FFI) menjadi bekal yang cukup untuk mengelola PSSI.

“HT, sudah lama berkecimpung di federasi futsal sebagai ketua dalam dua periode. Banyak prestasi futsal yang diperoleh dalam periode kepemimpinannya,” kata dia.

Selain Erick dan Hary, Budi menyebut ada satu sosok lagi yang dianggap layak memimpin PSSI yakni Achsanul Qosasi, yang kini menjadi Presiden Madura United. Menurutnya, Achsanul memiliki jam terbang yang cukup untuk memimpin PSSI.

“AQ sudah lama di dunia sepak bola, memimpin Madura United dari mulai nol sampai sekarang sudah autopilot. Jadi dari secara pengalaman, jam terbang, kemampuan sudah tak diragukan. Tinggal bagaimana sosok beliau diterima atau tidak di antara teman-temannya sendiri dalam hal ini Exco PSSI,” kata Budi. (mad/ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed