by

Eril yang Hilang Saat Berenang di Sungai Aere, Swiss Ternyata Punya Sertifikat Diving

DEPOKRAYANEWS.COM- Elpi Nazmuzzaman, adik kandung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang saat berenang di Sungai Aere, Bern, Swiss rajin berolahraga, bisa berenang, dan memiliki sertifikat diving. Bahkan Eril memiliki kemampuan untuk mengukur arus sungai.

“Beliau bisa berenang, kemudian beliau juga punya sertifikat diving, jadi punya kemampuan untuk menilai dan mengukur arus,” kata Elpi dalam konferensi pers, Sabtu 28 Mei 2022.

Eril juga memastikan saat itu hanya tiga orang dari rombongannya yang boleh berenang di sungai Aere. Eril kemudian memilih posisi paling belakang untuk memastikan semuanya aman.

Elpi mengatakan sebagai orang yang biasa diving, dirinya mengerti bahwa saat berenang di tempat yang berarus harus berenang secara diagonal.

Namun, jika terdapat orang lain yang harus dijaga di dalam air, seorang perenang harus mengeluarkan usaha lebih. Di saat yang bersamaan, ia harus menghadapi arus sungai yang mendorong dirinya.

“Ada sedikit effort tambahan menjaga jarak dengan orang yang kita ingin pastikan safety dengan kekuatan arus yang mendorong ke arah lain,” kata Elpi.

Dikatakan, sebelum terseret arus, Eril berusaha memastikan perenang lainnya naik ke daratan dengan selamat. Namun sayangnya Eril terseret arus Sungai Aere yang saat itu disebut lebih deras daripada hari-hari sebelumnya.

Bahkan Eril telah melakukan survei lokasi berenang sebelum hanyut dan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss.
Elpi mengatakan berdasarkan penuturan keluarga di Swiss, putra sulung Ridwan Kamil itu mencoret jembatan sebagai lokasi untuk melompat ke sungai karena dianggap tidak aman.

“Titik jembatan langsung dicoret oleh Eril karena kalau lihat yang lain pengennya loncat di jembatan, ini dianggap tidak aman,” kata Elpi.

Setelah mencoret jembatan, Eril kemudian memastikan lokasi untuk turun ke sungai dilengkapi dengan tangga. Sehingga, ia dan dua perenang lainnya tidak langsung terjun ke air. Selanjutnya, Eril juga memastikan saat turun ke air tidak melompat, melainkan dilakukan secara perlahan.

Seperti diberitakan, putra sulung RIdwan Kamil itu hilang saat berenang di sungai Aare, Kamis 26 Mei 2022 siang waktu setempat. Eril disebut terseret arus sungai yang cukup deras. Menurut Elpi, saat itu Eril sedang berada di Swiss untuk mencari sekolah dan beasiswa.

Sementara itu Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan, Sungai Aare di Swiss telah menelan korban rata-rata setahun mencapai 15-20 orang.

Pihak KBRI Bern mengatakan saat ini pencarian Eril menjadi prioritas polisi di Swiss. Polisi yang terdiri dari polisi sungai, polisi medis, dan pemadam kebakaran melakukan pencarian dengan berbagai metode, termasuk drone, kapal, dan penyelaman. (ris/ant)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *