by

Es Krim Mixue Belum Memiliki Sertifikasi Halal, Kata MUI Masih Dalam Proses

DEPOKRAYANEWS.COM- Es krim Mixue asal China yang tengah booming di Jabodetabek ternyata belum memiliki sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Asrorun Niam Soleh mengatakan produk es krim Mixue sedang dalam proses mendapatkan sertifikasi halal. “Mixue sedang dalam proses sertifikasi. Sedang menunggu sertifikat untuk beberapa bahan yang juga masih dalam proses,” kata Asrorun Rabu 28 Desember 2022 malam.

Asrorun mengatakan audit produk es krim itu kini sudah selesai dijalankan oleh auditor dari Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Namun, pihaknya masih menunggu sertifikat beberapa bahan es krim tersebut yang masih dalam proses.

Sebelumnya warganet ramai mempertanyakan soal produk es krim Mixue sudah mengantongi sertifikasi halal atau belum.

Merespons itu, pihak Mixue Indonesia melalui Instagram resminya, @mixueindonesia, membenarkan produk es krim dan teh yang mereka jual belum memiliki sertifikasi halal.

“Memang benar, saat ini Mixue belum memiliki sertifikat halal,” tulis manajemen Mixue yang dirilis pada 27 Juli 2022. Unggahan ini ditandai sebagai unggahan pertama di laman Instagramnya.

Mixue menegaskan belum memiliki sertifikat halal bukan berarti tidak halal. Mereka mengklaim tidak ada kandungan alkohol, rum atau babi di dalam produknya.

Mixue mengklaim sudah mengurus sertifikat halal kepada otoritas halal di China sejak 2021 awal, tetapi hingga kini prosesnya belum selesai. Pihak manajemen beralasan lamanya pengurusan halal lantaran 90 persen bahan bakunya diimpor dari China. (mad/cnn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *