by

Fakultas Teknik UI akan Berikan Penghargaan kepada BJ Habibie

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi bersama BJ Habibie

Depokrayanews.com- Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bekerja sama dengan Ikatan Alumni Fakultas Teknik UI (Iluni UI) akan memberikan penghargaan “Lifetime Engineering Dedication Award” kepada Presiden RI ke-3, Prof Dr Ing BJ Habibie.

Habibie dinilai telah mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Pemberian penghargaan itu merupakan rangkaian dari acara FTUI untuk Negeri” yang diselenggarakan pada 27-29 Oktober 2017 di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Dies Natalies ke-53, sekaligus memanfaatkan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Sebelum menerima penghargaan, Prof Dr Ing BJ Habibie akan menjadi pembicara pada talk show dengan teman: Teknik untuk Negeri.

Pembicara lain pada talk show itu adalah Menristekdikti, Prof H Muhamad Natsir Phd, Rektor UI Prof Dr M Anis, dan Dekan FTUI Prof Dr Dedi Priadi.

Siaran pers panitia menyebutkan secara garis besar, kegiatan akan diisi acara Pameran Hasil Karya FTUI, Talkshow FTUI untuk Negeri,

Ketua Iluni FTUI, Teten Derichar, menyampaikan kegiatan ini bagian dari komitmen FTUI untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat luas mengenai pentingnya pengembangan teknologi dan inovasi untuk kemajuan bangsa.

“Selain sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tanah Air atas berbagai pencapaian dan prestasi yang telah dicapai FTUI hingga saat ini, melalui kegiatan ini, juga diharapkan akan meningkatkan minat generasi muda terhadap teknologi dan profesi perekayasa (engineer),” kata Teten dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/10/2017)

Secara rinci rangkaian kegiatan itu adalah:

Pada hari pembukaan, pada 27 Oktober, akan ditampilkan Pameran Hasil Karya FTUI. Lebih dari 50 karya berbagai penelitian dari tujuh departemen FTUI akan dipamerkan kepada masyarakat. Selanjutnya akan dilaksanakan talkshow dengan tema “Inovasi Produk Berbasiskan Kekayaan Alam”.

Pada hari kedua, FTUI akan melakukan penganugerahan “Lifetime Engineering Dedication Award” kepada Presiden RI ke-3, Prof Dr Ing BJ Habibie, yang telah mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Pada kesempatan tersebut, Prof Dr Ing BJ Habibie bersama Menristekdikti, Prof H Muhamad Natsir Phd, Rektor UI Prof Dr M Anis, dan Dekan FTUI Prof Dr Dedi Priadi juga akan tampil sebagai pembicara dalam talk show dengan tema “Teknik untuk Negeri”.

Pada hari ketiga akan dilaksanakan pembahasan mengenai “Mobil Listrik Solusi Energi dan Lingkungan” dengan nara sumber antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Anies Baswedan, dan Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian ESDM Andy N Sommeng.

Ajang “FTUI untuk Negeri” ini juga akan ditandai dengan beberapa acara dan aktivitas seperti lomba mewarnai gambar teknik, klinik arsitektur, dan reuni serta peluncuran buku “5 Dekade Alumni FTUI”. FTUI adalah salah satu fakultas terbesar di Universitas Indonesia yang memiliki 12 program studi S1, 7 program studi S2, dan 7 program studi S3 dalam 7 departemen. Ketujuh departemen itu adalah teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, teknik metalurgi dan material, arsitektur, teknik kimia, dan teknik industri.

Setiap tahun, FTUI mendidik lebih kurang 5.600 mahasiswa, didukung para pengajar tetap, di antaranya 126 doktor dan 55 profesor berkualifikasi internasional.

Sejak resmi berdiri pada 17 Juli 1964, FTUI telah meluluskan lebih dari 25 ribu sarjana S1, S2, dan S3 yang saat ini mengabdikan profesinya di dalam maupun di luar negeri. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *