by

Fatoni : Banyak Manfaat yang Diberikan Program JKN-KIS

Muhammad Fatoni

Depokrayanews.com- Manfaat Program JKN-KIS terbukti sudah dirasakan oleh seluruh msyarakat, terutama peserta JKN-KIS. Sejak diluncurkan pada tahun 2014 lalu, telah banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. Hal ini tak terlepas dari semakin mudahnya masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik berkat Program JKN-KIS. Seperti yang dirasakan oleh keluarga Muhammad Fatoni.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai wiraswata tersebut mengungkapkan bahwa Program JKN-KIS merupakan program yang sangat membantu dirinya dan keluarganya. Menurutnya, ia dan keluarganya baru terdaftar menjadi peserta JKN-KIS pada tahun 2017 lalu. Namun hingga saat ini, ia dan keluarganya telah beberapa kali terbantu untuk berobat oleh Program JKN-KIS. Seperti saat istrinya melahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok.

“Kami sudah beberapa kali menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat ke Puskesmas. Istri saya juga waktu melahirkan di RSUD pakai kartu JKN-KIS. Pelayanannya cukup bagus dan pengobatannya berjalan dengan lancar,” kata Fatoni.

Fatoni mengungkapkan bahwa tiap kali berobat, ia dan keluarganya sering ditanya oleh petugas di fasilitas kesehatan bahwa apakah mereka memiliki kartu JKN-KIS. Mereka pun disarankan untuk menggunakan kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat. Menurut Fatoni, hal ini menandakan bahwa Program JKN-KIS akan sangat membantu mereka untuk menjalani pengobatan.

“Di bagian pendaftaran biasanya petugas menyarankan agar menggunakan kartu JKN-KIS. Bahkan pasien yang tidak memiliki kartu JKN-KIS biasanya disarankan agar segera mendaftar. Dan pada saat dilayani juga bagus, sama saja dengan pelayanan pada pasien lainnya yang pasien umum. Tidak ada yang beda pelayanannya,” ujar Fatoni.

Selain dirinya mendapatkan pelayanan yang baik, Fatoni mengaku dirinya sudah tidak mengeluarkan biaya sama sekali saat berobat. Menurutnya, seluruh biaya proses pengobatan sudah ditanggung oleh Program JKN-KIS, mulai dari obat sampai konsultasi dengan dokter. Hal itu pun membuat ia merasa sangat senang dan bersyukur menjadi peserta JKN-KIS.

Fatoni mengucapkan terima kasih atas manfaat Program JKN-KIS yang telah ia dan keluarganya rasakan. Ia pun berharap agar Program JKN-KIS terus ditingkatkan. Termasuk dengan perbaikan fasilitas baik di Puskesmas maupun di rumah sakit. Sehingga peserta JKN-KIS semakin merasa nyaman dalam berobat. (DT/mr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed