by

FIFA Surati Presiden Jokowi Usai Batalkan Piala Dunia U-20

DEPOKRAYANEWS.COM – FIFA mengirim surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Surat itu diberikan melalui Ketua Umum Erick Thohir yang dua hari lalu bertemu dengan FIFA di Doha, Qatar, dalam kaitan dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 yang kemudian dipindah dari Indonesia.

Erick sendiri tak mengetahui isi surat dari FIFA yang ditujukan ke Jokowi.

“Saya tidak baca suratnya Presiden FIFA ke Bapak Presiden, mungkin salah satunya, Presiden FIFA mempertanyakan ini transformasi sepak bola Indonesia serius atau tidak,” kata Erick, Jumat 31 Maret 2023.

“Makanya presiden langsung menginstruksikan saya untuk menyelesaikan peta biru untuk disampaikan ke FIFA, mungkin ada kaitannya dengan surat tersebut, saya tidak dapat soalnya,” tambah Erick.

Usai membaca surat dari FIFA, Jokowi pun memberi dua instruksi khusus kepada Erick. Pertama, membuat peta biru transformasi sepak bola Indonesia. Kedua, Erick diminta segera kembali bertemu dengan FIFA.

“Kembali membuka pembicaraan dengan FIFA untuk kita tetap menjadi bagian dari keluarg besar FIFA, yang kita tahu FIFA punya 216 member dari segala negara, salah satunya Indonesia,” kata Erick.

Artinya, kata Erick, presiden tidak mau Indonesia terkucilkan dari peta sepak bola dunia. ”Maka itu saya akan berusaha keras memastikan transformasi sepak bola Indonesia ini terjadi, bukan wacana,” tambah Erick. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *