by

Film Bolu Pisang, Potret Semangat Pelaku UMKM

Depokrayanews.com- Pengambilan gambar untuk pembuatan film pendek ”Bolu Pisang” yang diproduksi Asosiasi UMKM Kota Depok bersama Institut Kesenian Jakarta (IKJ) telah dimulai sejak Selasa 28 Desember 2021 di daerah Tapos, Kota Depok.

Indira Mulyawan, selaku produser film ”Bolu Pisang” mengatakan para pemain sangat antusias dan penuh semangat memainkan peran sesuai skenario yang ditulis sutradara Bedjo Soelaktono. Sebagian besar pengambilan gambar dilakukan di wilayah Tapos. ”Luar biasa semangat teman-teman pemain dalam film ini, sehingga pengambilkan gambar berjalan lancar,” kata Indira kepada depokrayanews.com, Selasa 28 Desember 2021.

Menurut Indira, film ini mengambil ide cerita dari seorang penulis yang bernama Ana Yuliana yang kemudian diolah menjadi skenario film. Ana Yuliana sendiri tinggal di Palembang, Sumatera Selatan. Indira Mulyawan selaku produser sudah mendapat izin secara ikhlas dari Ana Yuliana untuk mengangkat ceritanya itu menjadi film pendek non komersial.

”Film ini menceritakan perjuangan seorang ibu penjual Bolu Pisang yang dengan sabar dan ikhlas menerima kabar yang tidak mengenakkan ketika pemesan membatalkan pesanannya,” kata Indira menjelaskan.

Meski pesanan dibatalkan, tapi ibu sang penjual Bolu Pisang tetap sabar. Padahal hasil penjualan Bolu Pisang itu tadinya akan dibelikan es krim yang diminta anaknya. Tidak mudah juga bagi si ibu untuk menjual Bolu Pisang itu, karena bolu pisang itu merupakan pesanan khusus tanpa gula.

Semangat ibu penjual bolu pisang tetap menyala meski banyak kesulitan yang dialami. ”Ibu ini tetap berjuang ditengah kesulitan hidupnya dengan cara halal, meski tidak mudah. Tapi dia percaya rezeki akan datang dari arah yang tidak kita duga, dan itu menjadi kenyataan,” kata Indira.

Ide cerita inilah, kata dia, yang menjadi insprasi komunitas Asosiasi UMKM Kota Depok, Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Wajah UMKM Indonesia untuk bekerjasama memproduksi sebuah film pendek yang diharapkan dapat memberi inspirasi kalangan UMKM untuk tetap semangat dan terus berjualan.

Ketua Asosiasi UMKM Kota Depok Indra Rusliawan mengatakan pembuatan film itu bukan untuk tujuan bisnis, apalagi untuk mencari keuntungan. Tapi untuk memberi motivasi kepada kalangan UMKM untuk tetap semangat, dan berkolaborasi untuk bangkit.

” Jadi jangan heran ketika film pendek ini banyak logo logo sponsor dari produk produk UMKM karenakan kita harus mengapresiasi sumbangan pelaku UMKM sekecil apapun,” kata Indra.

Pemain film Bolu Pisang

Bantuan yang diberikan kalangan UMKM itu, seperti Bolu Pisang, Pempek, Rendang, minuman, Baso dan makan siang gratis. ”Semua itu kita urunan. Bahkan tempat pun kami difasilitasi gratis. Semua ini hasil dukungan teman teman UMKM. Dan saya sebagai produser mengucapkan terimakasih untuk semua yang sudah mendukung,” kata Indira menambahkan.

Pemain film ”Bolu Pisang” yakni Bundo El Senyum, Avi Novriza, Dian Salzi, Athaya, Muhammad Miftah Firdausi. Endah Winarti, Rudi Murodi, Indra Rusliawan.

“Kami berharap film pendek ini bisa menjadi inspirasi teman-teman UMKM untuk selalu semangat dan terus berjualan dan membuat inovasi-inovasi yang kreatif, ” kata Indra Rusliawan. Penasaran dengan film ini? Ya, tunggu saja tanggal tayangnya di IG, Facebook, Channel Youtube, dll (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *