by

Film Muara, Kisah 3 Sahabat di Pinggiran Situ Tujuh Muara Bojongsari Depok

Depokrayanews.com- Film pendek berjudul Muara (Arti Sebuah Persahabatan), yang diproduksi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Tujuh Muara, Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok akan tayang di Channel Youtube Chanel Pokdarwis Kelurahan Bojongsari
pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Sutradara film Muara, Afan Maulana mengatakan, Film Muara menceritakan kisah tiga sahabat sedari kecil yakni Mukhlis, Amad, dan Ali, dengan latar belakang ekonomi keluarga yang tidak jauh berbeda, layaknya masyarakat di pinggiran situ. Suatu hari persahabatan mereka terputus karena Mukhlis harus pindah rumah tanpa sepengetahuan Amad dan Ali.

Setelah waktu yang cukup lama sampai mereka dewasa dan sukses dengan masing-masing profesi yang mereka miliki, Mukhlis datang untuk melihat tempat masa kecil dulu.

Sekian lama tidak bertemu Amad dan Ali awalnya tidak mengenali Mukhlis. Sampai kemudian, Mukhlis mengajak Amad dan Ali ke pinggiran Situ Tujuh Muara. Mukhlis menunjuk pulau kecil yang berada di ujung dekat Muara situ, tempat dia bermain dulu bersama teman-teman siusianya. Dari cerita itulah, Ahmad dan Ali percaya bahwa pemuda sebaya yang baru datang itu adalah Mukhlis teman lama saat mereka kecil.

“Selain mencoba mengangkat view indahnya Situ Tujuh Muara, film ini juga diperkaya dengan adegan-adegan yang bikin deg degan, kocak maupun sedih. Film ini juga mengangkat potensi lokal yang ada di Kecamatan Bojongsari seperti kuliner ikan asap, tanaman hias, ikan hias, permainn tradisional, serta mengangkat problem masyarakat tentang bank keliling,” kata Afan kepada wartawan, Kamis 12 Agustus 2021.

Film Muara

Afan menyebut proses pengambilan gambar untuk film ini memakan waktu empat hari dan di lima lokasi berbeda di sekitar Situ Tujuh Muara.
“Prosesnya cukup menantang, mengingat kita menggunakan talent warga asli di sini yang notabene belum memiliki keahlian acting yang mumpuni. Akan tetapi setelah berjalan, mereka semua bisa menjalankan peranya sesuai penulisan cerita,” kata Afan.

Tadinya, film ini akan tayang pada 23 Juli 2021 lalu, tapi karena ada kendala teknis di proses produksi, maka diundur menjadi 17 Agustus 2021, saat perayaan Kemerdekaan Indonesia.

Ketua Pokdarwis Kelurahan Bojongsari, Muhammad Nasar mengatakan, pembuatan film Muara ini bertujuan untuk memperkenalkan aneka potensi yang ada di Situ Tujuh Muara kepada masyarakat luas, mengingat situ ini akan menjadi pusat agrowisata di Kecamatan Bojongsari.

“Lewat film ini, kami ingin memperkenalkan kepada khalayak luas, khususnya warga Depok, bahwa Situ Tujuh Muara ini mempunyai potensi yang besar dan bisa menjadi destinasi wisata warga Depok, tanpa harus jauh – jauh ke luar kota,” kata Nasar, Kamis 12 Agustus 2021.

Dia mengungkapkan, pembuatan film ini dilakukan secara profesional, dengan menggandeng sutradara asal Depok, Afan Mulana. “Pokoknya nantikan penayangan film muara ini di Chanel YouTube Pokdarwis Kelurahan Bojongsari pada 17 Agustus 2021,” kata dia.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono pada Jumat 13 Agustus 2021 sore ini akan tampil pada acara Podcast Pulang Kerja yang akan membahas bagaimana proses pembuatan Film Muara. Acara Ngobrol Bareng di Balik Layar itu akan disiarkan secara langsung di Channel Youtube Imam Budi Hartono pada pukul 16.00 wib. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *