by

Firli Bahuri Tegaskan Tidak Ada Pemecatan 75 Pegawai KPK

Depokrayanews.com- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menegaskan tidak ada upaya untuk memecat 75 pegawai KPK yang tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK).

“Kami ingin pastikan sampai hari ini tidak pernah KPK memberhentikan. Tidak pernah KPK memecat dan tidak pernah juga berfikir KPK untuk menghentikan dengan hormat maupun tidak hormat,” kata Firli di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis 20 Mei 2021.

Di bagian lain, Firli mengakui sejumlah perkara korupsi dalam proses penyelidikan hingga penyidikan memang telah diambil alih oleh masing -masing atasan 75 pegawai KPK yang dinilai TMS (tidak memenuhi syarat)

“Kami ingin pastikan bahwa seluruh proses penyelidikan, penyidikan dan penuntutan harus tetap berjalan sehingga rekan-rekan yang TMS sesuai hasil rapat rapat paripurna tanggal 5 Mei 2021 tugasnya diberikan kepada pimpinannya. Pimpinannya yang mengatur tentang tugas-tugas tersebut termasuk penanganan perkara,” kata Firli.

Seperti diketahui 75 pegawai KPK yang dinilai TMS menjadi ASN yang disebut-sebut antara lain, Edi Muriyanto selaku Deputi Koordinasi Supervisi KPK, Giri Suprapdiono Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK, Kepala Biro SDM KPK, Direktur Pimpinan Jaringan Antar Komisi KPK Sujanarko, mKabag Perencanaan Perundang-Undangan, Basamala dan Kabag SDM KPK.

Kemudian, Kasatgas Internal KPK sebanyak tujuh orang dari tim penyidik dan dua Kasatgas dari tim penyelidik. Salah satu mana penyidik senior KPK Novel Baswedan termasuk dalam pegawai KPK yang tidak lulus. Ada pula, nama Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo serta pengurus inti WP KPK. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *