by

Forum Komunikasi Warga Rivaria Gelar Bazar Ramadan, Dibuka Lurah Bedahan

Depokrayanews.com- Forum Komunikasi Warga Rivaria (FKWR) Sawangan, Kecamatan Bedahan, Kota Depok menggelar Bazar Ramadan di jalan utama komplek perumahan itu sampai akhir ramadan mendatang.

Bazar yang diikuti puluhan usaha mikro kecil menengah (UMKM) anggota FKWR itu, dibuka secara resmi oleh Lurah Bedahan, Hasan, Minggu 11 April 2021.

Acara pembukaan dihadiri Wakil Ketua Kadin Bidang UMKM, Koperasi dan Kemitraan Despandri, Ketua FKWR Kolonel TNI (Purn) Gledek Arialaksana, Sekretaris FKWR Herlambang, Bendahara FKWR Gatot Trisulo, Ketua UMKM FKWR Casruddin, pengurus dan puluhan anggota UMKM.

Ketua FKRW, Gledek menyebut anggota UMKM FKWR saat ini sebanyak 140 orang dengan berbagai jenis produk, seperti kuliner, fashion dan kerajinan. Bazar adalah salah satu media bagi UMKM untuk berjualan dan mempromosikan produknya kepada masyarakat secara luas.

”Kami berharap bazar ramadan ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama kebutuhan untuk berbuka puasa dan lebaran nanti,” kata Gledek. Meski bazar sudah diperbolehkan, Gledek meminta agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Wakil Ketua Kadin Kota Depok Bidang UMKM, Koperasi dan Kemitraan Despandri, meminta semua UMKM melengkapi persyaratan administrasi, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikat halal, BPOM dan sebagainya. ”Minimal tahap awal, siapkan NIB nya, supaya bisa mengikuti pelatihan atau bekerjasama dengan perbankan. Kalau sudah punya NIB, berarti legalitas usahanya sudah jelas,” kata Despandri.

Kadin Kota Depok, kata dia, sudah menjalin kerjasama dengan banyak pihak untuk membantu pengembangan UMUM, misalnya kerjasama dengan Warung Ummat, sehingga produk-produk UMKM bisa dijual melalui jaringan tersebut. Begitu juga kerjasama dengan perbankan.

Lurah Bedahan, Hasan, menyambut gembira dan memberikan apresiasi terbentuknya UMKM FKWR, apalagi sudah bisa langsung mengadakan bazar. ”Mudah-mudahan bazar ini memberi berkah bagi UMKM FKWR. Minat yang besar terhadap bazar ini diharapkan bisa menggairkan kembali ekonomi masyarakat setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19,” kata Hasan.

Hasan kemudian menjelaskan peluang-peluang besar yang bisa dimanfaatkan UMKM. Misalnya, ada bantuan dari APBD Provinsi Jawa Barat bersama APBD Kota Depok untuk pelatihan, dan pengembangan UMKM, termasuk melakukan studi banding ke daerah lain yang UMKM nya lebih dahulu maju.

”Saya tantang UMKM untuk bisa melahirkan produk-produk unggulan, apalagi yang belum pernah ada selama ini. Di sini pentingnya inovasi dan kreatifitas agar bisa memenangkan persaingan.” kata dia.

Pemerintah Kota Depok, kata Hasan, juga memberikan peluang bagi UMKM untuk bisa berjualan di Pasar Sawangan yang akan dibangun mulai tahun ini. ”Pemerintah menaruh perhatian besar terhadap pengembangan UMKM, termasuk nanti untuk UMKM FKWR,” kata dia.

Usai acara pembukaan, Lurah Bedahan didampingi pengurus FKWR meninjau satu per satu stand UMKM FKWR. ”Bagus, apalagi harga barangnya cukup terjangkau. Saya akan sebarkan informasi bazar ini di tingkat kelurahan Bedahan, agar masyarakat di luar Perumahan Bukit Rivaria bisa berbondong-bodong mengunjungi bazar ini,” kata Lurah. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed