by

Gawat, 3 Jenis Makanan Ini Bisa Merusak Otak

Depokrayanews.com– Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan mengetahui berbagai jenis makanan yang bisa jadi perusak otak hingga sebabkan stroke dini.

Makanan perusak otak tak hanya bisa membuat otak menjadi bermasalah melainkan juga jadi sumber dari penyakit stroke dini.

Tak hanya harus diperhatikan orang dengan usia lanjut, makanan perusak otak juga harus diketahui kalangan muda agar terhindar dari stroke dini.

Dewasa ini, menjaga kesehatan terbilang menjadi sesuatu yang menantang akibat banyaknya jenis makanan olahan yang beredar.

Makanan tersebut mengandung kalori yang tinggi dan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Seperti diketahui, makanan tinggi kalori sarat akan lemak trans, gula, hingga garam yang sering dikonsumsi banyak orang tanpa mengetahui bahaya yang tersembunyi dibaliknya.

Makanan dengan kandungan berlebihan tersebut bisa membahayakan organ tubuh, yang salah satunya adalah otak.

Otak merupakan organ yang penting karena berkaitan dengan memori, saraf, dan berbagai fungsi tubuh manusia.

Sayangnya, banyak orang yang tak sadar akan pentingnya menjaga kesehatan otak sehingga menimbulkan penyakit di kemudian hari.

Otak yang rusak bisa menyebabkan stroke dini. Untuk menjaga otak, sebaiknya Anda mengetahui berbagai makanan yang mampu merusak otak dan sebabkan stroke.

Lantas, apa saja makanan perusak otak dan bisa sebabkan stroke dini?

Berikut 3 makanan perusak otak dan bisa sebabkan stroke dini.

1. Minuman Manis

Soda hingga minuman isotonik yang kerap dikonsumsi selepas berolahraga adalah ide buruk.

Minuman kemasan tersebut kaya akan gula dan akan meningkatkan risiko diabetes.

Minuman seperti energy drink dan jus buah kemasan juga memiliki dampak buruk untuk organ otak.

Gula berlebihan dalam tubuh tak hanya menyebabkan diabetes namun juga meningkatkan risiko Alzheimer dan demensia.

Hindari konsumsi minuman manis karena bisa jadi perusak otak dan sebabkan stroke dini.

2. Makanan Karbohidrat Olahan

Gula dan tepung merupakan berbagai makanan berjenis karbohidrat olahan. Karbohidrat olahan bahaya karena mempunya indeks glikemik yang tinggi sehingga akan cepat mempengaruhi gula darah.

Makanan dengan kandungan Indeks Glikemik yang tinggi akan merusak fungsi otak. Hal ini sesuai dengan penelitian bahwa hanya satu kali makan karbohidrat olahan saja langsung bisa merusak daya ingat baik orang dewasa maupun anak-anak.

3. Makanan Siap Saji

Makanan siap saji memang mudah dikonsumsi karena mudah penyajiannya. Namun kabar buruknya, makanan tersebut tak sebanding dengan kelezatannya.

Makanan siap saji kaya akan gula, garam, dan lemak trans yang bisa membuat kerusakan pada otak.

Hindarilah mie instan, keripik, hingga saus kemasan yang kaya akan garam karena bisa jadi makanan perusak otak bahkan sebabkan stroke dini.

Sumber: Healthline

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *